Jelang Ballon d’Or 2017, Antara Messi vs Ronaldo Siapa Yang Terbaik?

Ini memang tak ada habisnya. Menjelang Ballon d’or, mari kita kerucutkan setahun ke belakang: Messi vs Ronaldo siapa yang lebih baik?

Gala Ballon d’Or 2017 akan digelar pada 7 Desember di Paris, Prancis. Hajatan milik France Pootball itu dinilai sebagai lambang paling prestisius terhadap pengakuan kemampuan individu seorang pemain.

Tak bermaksud meremehkan 28 nominator yang lain (termasuk di dalamnya Kevin De Bruyne, Paulo Dybala, dan Neymar), persaingan tahun ini bisa dikerucutkan lagi-lagi hanya melibatkan Messi dan Ronaldo.

Tahun ini persaingan Messi dengan Ronaldo bisa dibilang lebih menarik dibanding edisi-edisi sebelumnya. Kedua pemain bergantian menampilkan performa terbaiknya.

Ronaldo mendominasi separuh pertama tahun 2017 ini. Dia mengantar Real Madrid menjadi klub pertama yang mempertahankan titel Liga Champions. Ronaldo juga memberi El Real titel La Liga.

Di paruh kedua tahun ini Messi gantian yang superior. Lihatlah statistiknya di seluruh kompetisi musim ini: 17 gol dan 6 assist dari 21 pertandingan di semua kompetisi. Messi juga jadi pahlawan Argentina lolos ke Piala Dunia 2018 dengan hat-trik yang dia lesakkan di laga pamungkas. Untuk dicatat juga, Messi saat ini menjadi pemain paling subur di sepanjang tahun kalender 2017.

Lalu siapa yang akan membawa pulang trofi Ballon d’Or pada Kamis malam nanti?

Leave a Reply