Januzaj Yakin Bisa Dibangkitkan Oleh Sociedad

Sempat digadang-gadang sebagai calon bintang masa depan Manchester United, Adnan Januzaj justru meredup dalam beberapa musim terakhir. Real Sociedad yakin Januzaj bisa membangkitkan kariernya bersama mereka.

Januzaj resmi meninggalkan MU dan bergabung dengan Sociedad pada Rabu (12/7) dengan nilai transfer yang diyakini mencapai 9,8 juta poundsterling (sekitar Rp 168 miliar). Pemain asal Belgia itu dikontrak selama lima tahun oleh Sociedad.

Januzaj, yang kini berusia 22 tahun, mulai mencuri perhatian setelah dimainkan secara reguler oleh David Moyes di MU pada musim 2013/2014. Karena penampilan apiknya bersama ‘Setan Merah’, dia sempat diperebutkan oleh beberapa negara yang menginginkannya di level internasional. Januzaj akhirnya memilih Belgia, tempat dia dilahirkan dan dibesarkan.

Waktu bermain Januzaj berkurang setelah kursi manajer MU diduduki oleh Louis van Gaal pada musim berikutnya. Januzaj kemudian dipinjamkan ke Borussia Dortmund pada 2015/2016, tapi gagal bersinar.

Januzaj, yang biasa beroperasi sebagai winger atau gelandang serang, kemudian dipinjamkan ke Sunderland dan jadi anak buah Moyes lagi pada musim lalu. Meski mendapatkan waktu bermain yang lebih banyak, dia tak mampu menyelamatkan The Black Cats dari degradasi.

Karena tak masuk ke dalam rencana Jose Mourinho, Januzaj akhirnya dilepas oleh MU. Bersama Sociedad, dia berharap peruntungannya akan lebih baik.

“Saya memilih Real Sociedad karena saya ingin menikmati permainan saya. Saya pikir bisa melakukan itu di sini. Mereka yakin kepada saya sejak awal,” ujar Januzaj dalam acara perkenalannya sebagai pemain baru Sociedad pada Kamis (13/7).

“Saya sudah menonton Liga Spanyol dan menikmati permainan yang ditampilkan oleh Real Sociedad,” tambahnya seperti dikutip Daily Mail.

“Saya ingin lebih banyak bermain. Saya lebih memilih untuk main di belakang para penyerang, tapi akan main di beberapa posisi yang diminta oleh pelatih,” kata Januzaj.

“Real Sociedad punya nama-nama besar di tim mereka. Target saya di sini adalah mencetak gol, dan kalau tak memungkinkan maka membuat assist. Tapi, pertama-tama, saya berada di sini karena saya mencintai sepakbola,” katanya.

Presiden Sociedad, Jokin Aperribay, yakin Januzaj bisa membangkitkan lagi kariernya setelah meredup dalam beberapa musim terakhir.

“Adnan punya banyak pilihan, tapi kami sangat senang dia memilih kami. Dia menawarkan kualitas dan juga kreativitas. Kami berharap bisa memberinya kontinuitas yang tak dia dapatkan dalam beberapa tahun terakhir,” katanya.

Leave a Reply