Jangan Salah Sebut, Ini 10 Jenis Pasta Yang Populer Di Indonesia

Selain pizza, pasta merupakan olahan tepung-tepungan asal Italia yang sangat populer di dunia. Berbahan dasar tepung terigu, telur, garam, dan minyak sayur, pasta disajikan dalam berbagai bentuk dan jenis. Meski memiliki bahan dasar yang sama, tapi ternyata penamaan pasta berbeda, lho.

Ada lebih dari 30 jenis pasta yang tersedia. Apakah kamu termasuk salah satu yang sering keliru menamai jenis pasta? Biar gak norak-norak banget saat belanja atau makan di restoran Italia, ketahui dulu nih 10 jenis pasta yang sering salah penyebutan.

1. Fusilli

Fusilli
Fusilli

Berbahan dasar tepung terigu, jenis pasta ini lezat disajikan dengan tumisan sayuran dan daging. Fusili sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bisa dijadikan pasta, campuran sup, hingga digoreng dengan taburan serbuk cabai.

2. Ravioli

Ravioli
Ravioli

Ini namanya ravioli, bukan pangsit. Meski memiliki isian layaknya pangsit, pasta jenis ini disajikan dengan saus keju dan perasaan lemon. Tapi kalau di Indonesia biasanya keju diganti dengan saos tomat.

3. Alphabet pasta

Alphabet pasta
Alphabet pasta

Langganan jadi bahan sup, nih. Sudah tahu belum kalau namanya alphabet pasta? Namanya diambil dari bentuk pastanya yang sudah dicetak menyerupai huruf.

4. Angel hair

Angel hair
Angel hair

Biasanya, angel hair paling sering disebut spaghetti. Padahal beda banget dari segi adonan dan penyajian. Angel hair ini lebih tipis dan tidak sekenyal spaghetti.

5. Cavatappi

Cavatappi
Cavatappi

Nah, kalau yang jenis ini namanya cavatappi ya. Jangan sampai menyebutnya macaroni lagi, meski cukup mirip. Adonan cavatappi dibuat tanpa campuran telur layaknya pasta yang lain.

6. Conchiglie

Conchiglie
Conchiglie

Conchiglie biasanya mudah ditemui dalam salad atau sup. Pasta dengan bentuk yang menyerupai kulit kerang ini rasanya lembut dan gurih.

7. Farfalle

Farfalle
Farfalle

Pasta berbentuk tali kupu-kupu ini dikenal dengan nama farfalle. Nah, setelah ini jangan norak lagi ya dengan menyebutnya pasta dasi. Hehehe

8. Bucatini

Bucatini
Bucatini

Bucatini tuh mirip-mirip dengan angel hair dan spaghetti. Jika angel hair lebih tipis dari spaghetti, maka bucatini lebih tebal dari angel hair, tapi gak setebal spaghetti. Bucatini memiliki lubang pada bagian tengahnya yang jadi ciri khas.

9. Spaghetti

spaghetti
spaghetti

Kalau jenis spaghetti pasti sudah sangat familiar, dong? Kamu juga bisa menyebut makanan dengan sajian saos ini sebagai mi Italia.

10. Elbow macaroni

Elbow macaroni
Elbow macaroni

Ini nih pasta sejuta umat, terutama untuk orang Indonesia. Terkadang apa pun jenisnya, pokoknya disebut macaroni aja. Bukan dari tepung, bahan dasar macaroni justru tepung gandum.

Leave a Reply