Jangan Salah Sebut Atau Tulis, Macaroon Dan Macaron Itu Makanan Yang Berbeda!

Macaron, camilan penutup yang imut dan manis ini memang tengah digilai banyak orang. Di berbagai toko kue, Anda bisa dengan mudah menemukannya. Ada yang dituliskan sebagai macaron dan ada juga yang menuliskannya macaroon.

Sekilas terlihat mirip, namun kenyataannya kedua camilan manis ini adalah dua hal yang berbeda. Serupa tapi tak sama. Chef Jansen Chan, direktur of pastry operation di International Culinary Center mengungkapkan bahwa melihat kemiripannya, macaron dan macaroon adalah ‘kerabat’ jauh.

“Secara teknis, macaroon dan kata macaron dalam bahasa Perancis adalah hal yang sama,” kata Chan dikutip dari Real Simple.

“Tapi dalam dunia pastry, keduanya adalah dua hal berbeda.”

Hasil gambar untuk macaroon

Lebih jauh Chan menjelaskan bahwa macaroon adalah makanan manis yang dibuat dari kelapa, putih telur, dan gula. Setelah dikocok sampai mengembang dan kaku, adonan siap dicetak dan dipanggang sampai matang. Tekstur macaroon sendiri kenyal dan padat di bagian atasnya.

Sedangkan macaron, yang juga dikenal sebagai macaron Paris atau macaron Gerbet dibuat dengan tepung almond, putih telur, dan gula. Setelah dikocok sampai kaku dan dicetak, serta di panggang, lapisan atasnya akan mengering dan renyah. Macaron biasanya disajikan dengan tambahan selai dan dijepit dengan lapisan macaron lainnya.

Hasil gambar untuk macaroon

Macaron yang sering ditemui di Jakarta dan populer di berbagai belahan dunia lainnya adalah jenis macaron Paris karena dibuat dari tepung almond.

“Macaron dan macaroon memiliki garis keturunan dari Eropa, dan mereka dipengaruhi oleh pembuat roti dari Perancis dan Italia,” kata Chan.

Leave a Reply