Jangan Lupa, Ini 10 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Bulan Puasa

Bulan Puasa

Menyambut bulan Ramadhan, persiapan stok makanan biasanya mulai dipersiapkan. Aneka jenis makanan biasanya sengaja diborong demi menyajikan beragam makanan meski tanpa disadari kebiasaan ini bisa berakibat buruk bagi tubuh. Selagi belum puasa, kebiasaan yang dilakukan juga berupa mengonsumsi beraneka jenis makanan tanpa mempedulikan faktor buruknya.

Alih-alih ingin memuaskan hasrat makan apa saja sebulan bulan puasa tiba, justru tubuh semakin bereaksi hingga akhirnya daya tahan tubuh melemah karena banyaknya mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Seperti 10 makanan yang harus dihindari saat bulan puasa berikut ini agar puasa tetap bisa lancar dan tubuh lebih fit.

1.Makanan yang banyak mengandung gula

Makanan yang banyak mengandung gula, seperti aneka jenis kue. Gula memang menyumbang asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh, namun hanya sekitar 500 kalori dari sekian banyak gula yang mampu diserap oleh tubuh.  Konsumsi gula yang berlebihan sama jahatnya dengan terlalu banyak makan makanan dengan kandungan lemak jenuh, garam, dan kalori yang tinggi.

Mengurangi konsumsi gula juga bisa menghilangkan lemak secara perlahan. Memang tidak mudah untuk menghindari gula jika sudah terbiasa. Maka dari itu, secara perlahan gantilah yang manis dengan buah-buahan yang masnisnya alami.

2. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memang cepat dan parktis untuk disajikan. Rasa nikmat yang terkandung di dalamnya, tanpa sadar membuat kita berulang kali mengonsumsinya. Padahal jenis makanan yang di goreng tidaklah baik untuk tubuh. Meski gurih, gorengan menyimpan banyak lemak karena proses penggorengan yang cukup lama.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science mengungkapkan bahwa semakin lama makanan digoreng maka akan semakin banyak minyak yang terserap, karena ketika makanan terkena suhu panas dari minyak, air yang terkandung dalam makanan akan menguap dan pori-porinya membesar, memberi ruang untuk minyak masuk.

3. Kafein

Bagi penggemar kopi, mulai saat ini kurangi konsumsi kafein kamu. Mungkin kebiasaan ini terasa sulit, terutama bagi kamu yang terbiasa minum kopi setiap paginya. Kafein membuat asam lambung semakin naik. Apalagi saat berpuasa nanti, asam lambung yang naik bisa mengakibat penyakit maag semakin akut. Nggak mau kan jika puasa kamu batal hanya karena penyakit maag? Terlebih lagi kopi tidak bisa menanggulangi dehidrasi yang kamu alami seharian.

4. Makanan olahan

Menu makanan olahan biasanya kita pilih karena praktis dan siap saji. Terutama saat Ramadhan, makanan olahan menjadi pilihan saat sahur karena cepat dalam penyajiannya. Tak bisa dipungkiri jika makanan olahan kaya akan MSG serta bahan pengawet. Sebagai alternatif, cobalah untuk berbelanja bahan makanan mentah kemudian disimpan dalam lemari pendingin. Hal ini lebih baik daripada memiliki makanan olahan. Bahan mentah memang membutuhkan proses yang lebih panjang dibandingkan makanan olahan, namun justru baik bagi pencernaan dan kesehatan tubuhmu.

5. Perhatikan asupan karbohidrat

Menu wajib orang Indonesia, berupa nasi harus ada dalam setiap hidangan. Makanan yang kaya akan karbohidrat memang mengenyangkan. Namun tanpa disadari karbohidrat akan dibentuk menjadi glukosa di dalam tubuh. Gula inilah yang bisa mengakibatkan diabetes. Untuk memperoleh asupan karbohidrat secara tepat, kurangilan nasi dan kamu bisa menggantinya dengan jenis karbohidrat yag lebih rendah, misalnya kentang dan umbi-umbian.

6. Hidangan dengan bahan keju

Selama ini mungkin kamu mengira keju baik dikonsumsi saat puasa. Tapi nyatanya tidak begitu, keju ternyata bisa menyebabkan masalah pada lambung. Jadi lebih baik mulai mengurangi konsumsi keju dari sekarang sebelum minggu depan berpuasa ya. Mengonsumsi keju saat berpuasa bisa menyebabkan perut kembung tentu saja ini akan membuatmu nggak nyaman.

7. Makanan pedas

Ayo ngaku kamu pasti suka banget sama makanan pedas apalagi sambal. Citarasa pedas ini memang jadi salah satu ciri makanan khas Indonesia. Tapi selama bulan puasa nanti lebih baik kamu menghindari yang namanya makan pedas. Kamu masih bisa kok makan sambal tapi ingat ya jangan berlebihan. Apalagi kalau kamu punya perut yang sensitif, lebih baik kamu puasa makan pedas dulu selama satu bulan.

8. Mie instan

Mie instan memang jadi pilihan cepat saat sahur tapi ini malah akan menganggu kesehatanmu lho. Mengonsumsi mie instan saat puasa membuat tubuhmu harus bekerja lebih keras. Tubuh biasanya kesulitan menyerap nutrisi dari mie instan. Rasa kenyang yang dihasilkan juga hanya sementara. Jadi menjelang puasa yuk coba kurangi konsumsi mie instan.

9. Junk food

Junk food yang rendah serat dan tinggi garam ini juga nggak baik dikonsumsi selama bulan puasa. Selama bulan puasa pencernaan kita sedang beristirahat sehingga kinerjanya tidak seperti biasa. Junk food ini membuat tubuhmu bekerja ekstra selain itu juga makanan jenis ini rendah nutrisi.

10. Makanan terlalu asin

Makanan yang terlalu asin juga bisa menganggumu nih. Jadi coba yuk kurangin konsumsi makanan yang terlalu asin menjelang puasa. Jika terbiasa mengonsumsi makanan terlalu asin kamu bisa merasa lebih haus dan dehidrasi.

Itulah enam jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar kamu bisa menjalankan ibadah puasa dnegan lancar tanpa harus terganggu gangguan pencernaan. Mungkin awalnya berat bagi kamu untuk menghindari makanan diatas, namun demi kesehatan semua akan terbayar dengan tubuh yang sehat dan berbergi saat puasa nanti.

Leave a Reply