Jangan Lewatkan, Insidious: The Last Key Hadir 3 Januari 2018

INSIDIOUS THE LAST KEY bakal menyorot tokoh Elise Rainier, seorang cenayang. Tokoh tersebut diperankan oleh Lin Shaye. Menariknya, tokoh ini terhitung hanya sebagai tokoh pendukung dalam film pertama dan kedua. Namun seiring perkembangannya, tokoh ini terus dikembangkan oleh Leigh Whannell, sang penulis skenario.

Sedikit gambaran tentang Elise, ia adalah cenayang yang mampu berkomunikasi dengan hantu. Kemampuannya itu lantas membuat dirinya terus dimintai tolong oleh orang-orang yang bermasalah dengan hantu. Bagi Lin Shaye, film horor bukan lagi hal baru baginya. Ia pernah bermain dalam A NIGHTMARE ON ELM STREET di 1984 dan OUJIA di 2014. Namun begitu, Lin merasa lekat dan mencintai tokoh Elise.

“Elise sangat berbeda dari tokoh-tokoh yang pernah aku perankan. Hal menakjubkan yang aku dapatkan dari dia adalah bahwa dia seorang pendengar yang baik. Dan dia juga suka memberi daripada meminta. Aku rasa itu adalah dua karakteristik yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari,” ungkapnya saat ditemui KapanLagi.com di Hong Kong beberapa waktu lalu.

Ia melihat bahwa tokoh Elise relevan dengan kondisi masyarakat saat ini. Di matanya, Elise menjadi sosok yang keluar dari kecenderungan orang untuk mementingkan dirinya sendiri.

“Di saat orang-orang makin menjadi masyarakat yang mementingkan diri sendiri. Dalam setiap kebudayaan ada orang-orang seperti itu. Selalu bertanya “apa yang bisa kamu berikan kepada saya”. Media dan teknologi juga makin dikembangkan untuk membuat orang makin egois. Sementara Elise justru melihat ke luar itu. Elise memilih untuk melihat keluar dari dirinya. Ia mencari tahu siapa kamu dan apa yang ada di sekitarmu,” paparnya.

Berperan sebagai Elise empat kali, Lin makin melihat kelebihan tokoh yang diperankannya itu. Ia melihatnya bukan lagi sebagai sekadar cenayang. “Tidak semata dia adalah seorang cenayang. Aku rasa aspek tersebut terasa dari dirinya yang kerap mengutarakan perasaannya kepada orang lain. Dia dapat merasakan apa yang orang lain rasakan. Dia akan selalu mendukung orang lain, meski tak bisa menolongnya,” tegasnya.

Pengalaman Lin dalam membintangi film horor dan juga pengalaman berakting sejak 1975 membuatnya makin percaya diri untuk menyampaikan sisi baik Elise itu lewat aktingnya.

INSIDIOUS: THE LAST KEY mengambil setting waktu di antara CHAPTER 3 dan INSIDIOUS 1. Dalam film keempat ini, Elise dihadapkan pada misteri serta teror hantu di rumah masa kecilnya. Bukan perkara mudah bagi Elise karena ia memiliki kenangan buruk selama ia tinggal di rumah tersebut. Kini, ia harus memberanikan diri untuk menyelesaikan teror di rumah tersebut. Tidak hanya untuk menolong orang lain, tapi juga menyelesaikan urusan masa lalu yang belum selesai.

Untuk keempat kalinya Lin Shaye kembali memerankan tokoh Elise Reinier dalam INSIDIOUS. Skenario filmnya masih tetap ditulis oleh bapak INSIDIOUS, Leigh Whannell. Namun untuk kursi penyutradaraan Universal Pictures mempercayakannya kepada Adam Robitel (co-writer PARANORMAL ACTIVITY: THE GHOST DIMENSION). Filmnya bakal tayang di bioskop Indonesia mulai 3 Januari 2018.

Leave a Reply