Jadwal Minggu Pertama Liga 1 2018, Bhayangkara FC Vs Persija Jakarta Jadi Pembuka

Liga 1 2018

Kompetisi Liga 1 2018 tak lama lagi akan dimulai. Pertandingan antara Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta menjadi partai pembuka.

Bhayangkara FC langsung mendapatkan lawan berat di awal kompetisi. Persija sedang dalam tren bagus dan tengah percaya diri setelah menjuarai Piala Presiden 2018.

Kedua tim akan saling berhadapan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Jumat (23/3/2018). Dalam laga ini, Bhayangkara berstatus sebagai tuan rumah.

Di pekan pertama kompetisi, ada beberapa pertandingan menarik. Bali United akan melakoni partai sengit dengan bertemu PSMS Medan pada Sabtu (24/3/2018). Di hari yang sama juga ada pertandingan lainnya yaitu Persipura Jayapura vs Persela Lamongan dan Arema FC vs Mitra Kukar.

Pada Senin (26/3/2018), ada tiga pertandingan yaitu Borneo FC melawan Sriwijaya FC, Persib Bandung akan berhadapan dengan PS Tira, dan Madura United vs Barito Putera.

Berikut Jadwal Liga 1 Pekan Pertama:

Jumat, 23 Maret 2018
18.30 WIB Bhayangkara FC vs Persija Jakarta (Indosiar)

Sabtu, 24 Maret 2018
13.30 WIB Pesipura Vs Persela
15.30 WIB Arema FC vs Mitra Kukar (Indosiar)
18.30 WIB Bali United vs PSMS Medan (Indosiar)

Minggu, 25 Maret 2018
15.30 WIB PSM Makassar vs PSIS Semarang (Indosiar)
18.30 WIB Persebaya Surabaya vs Perseru Serui (Indosiar)

Senin, 26 Maret 2018
15.30 WIB Borneo FC vs Sriwijaya FC
16.00 WIB Persib Bandung vs PS TIRA (Indosiar)
18.30 WIB Madura United vs PS Barito Putera (TVOne)

Wasit Liga 1 Punya Tiga ‘Senjata’ Baru

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberi pada wasit perlengkapan baru di Liga 1 2018. Ada tiga ‘senjata’ baru untuk membantu mereka menjadi pengadil di lapangan.

Alat-alat yang dimaksud tersebut ada tiga macam, yaitu alat komunikasi elektronik atau handsfree, vanishing spray, dan papan pergantian elektronik. Alat-alat itu bakal didatangkan dari luar negeri dan baru dipakai pada Juni mendatang.

Chief Operation Officer LIB Tigorshalom Boboy mengatakan tujuannya membuat gebrakan tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Sebab wasit juga merupakan sosok yang paling berperan penting dalam jalannya sebuah pertandingan.

“Kami akan pakai alat-alat itu di kompetisi musim ini. Selain itu kami ingin memudahkan pekerjaan wasit dan koordinasi di lapangan,” ujar Tigor kepada detikSport, Kamis (22/3/2018).

“Tapi kami masih menunggu alat-alat itu datang karena kami harus membelinya dari luar (negeri). Yang jelas tidak di awal kompetisi, mungkin di bulan ketiga,” katanya menambahkan.

Penggunaan alat-alat tersebut adalah sesuatu yang biasa di Liga-liga Eropa. Liga 1 musim lalu sejatinya sudah sempat memakai handsfree tetapi hanya dipakai untuk wasit asing.

Handsfree adalah alat komunikasi yang dipakai oleh wasit dengan para asisten dan ofisial keempat di pinggir lapangan. Dengan alat tersebut, wasit diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik agar keputusan yang diambil tepat dan akurat.

Lalu, papan pergantian elektronik adalah papan pergantian yang bersifat elektronik. Sudah sejak lama, kompetisi di Indonesia ketinggalan zaman karena masih menggunakan papan pergantian manual.

Yang terakhir adalah vanishing spray. Alat ini digunakan untuk memberikan penanda saat terjadi situasi tendangan bebas.

Masih Tetap Pakai Wasit Asing

Liga 1 2018 masih akan mempercayakan jasa wasit asing sebagai pengadil di lapangan. Wasit yang akan dipakai berasal dari beberapa negara.

Penggunaan wasit asing sudah dilakukan sejak Liga 1 musim lalu. Tak hanya dari Asia, tetapi juga ada dari Australia.

Kehadiran wasit asing tersebut sempat menimbulkan kontroversi. Sejumlah klub-klub menilai kinerja wasit asing kurang memuaskan.

“Untuk musim ini masih ada wasit asing untuk Liga 1 2018,” kata Berlinton di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/3/2018).

Namun begitu, soal siapa saja wasit asing yang akan bertugas di Liga 1 dia menyebut itu menjadi wilayah PSSI. LIB berharap hadirnya wasit asingbisa membawa dampak positif bagi wasit-wasit Indonesia.

“Nanti akan dijelaskan, yang pasti kami berharap dengan sumber daya wasit Indonesia bisa lebih maju lagi,” katanya.

Kick-off Liga 1 akan bergulir pada 23 Maret. Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, akan menjadi pertandingan pembuka dan akan dipimpin wasit lokal.

“Tidak wasit asing yang akan memimpin laga pembuka,” Berlinton menambahkan.

Leave a Reply