Inilah Perbedaan Antara Kartun, Manga, Serta Anime

Kartun, Manga, Serta Anime

Banyak yang mengira bahwa manga, anime, dan kartun merupakan istilah yang dipakai untuk satu hal yang sama. Namun kenyataannya ketiga istilah itu mempunyai makna yang berbeda meskipun masih saling berkaitan satu sama lain.

Kira-kira apa, ya, perbedaan manga, anime, dan kartun?

1. Manga

Istilah ini berasal dari Jepang yang biasanya ditujukan untuk cerita bergambar atau komik. Pada umumnya, manga menceritakan seputar kebudayaan, tradisi, dan kehidupan masyarakat di Jepang. Sebutan untuk orang yang membuat manga adalah mangaka.

2. Anime

Nah, kalau anime ini merupakan istilah yang dipakai untuk film animasi khas Jepang. Kata anime tersebut berasal dari animation dalam bahasa Inggris yang artinya adalah gambar bergerak yang tercipta dari sekumpulan objek.

Pada umumnya, anime dibuat dari cerita manga yang difilmkan. Namun kini ada juga anime yang dibuat tanpa harus berdasarkan manga yang sudah ada sebelumnya.

3. Kartun

Istlah kartun ini lebih umum dan biasanya ditujukan untuk karya animasi yang dibuat di luar negara Jepang. Istilah kartun cukup populer di wilayah Amerika Serikat.

Dilihat dari proses pembuatannya, hampir tidak ada perbedaan antara anime dan kartun. Hanya saja kartun lebih banyak menggunakan tokoh hewan dalam penceritaannya, sedangkan anime lebih banyak menceritakan tentang kehidupan manusia serta kebudayaan Jepang.

Leave a Reply