Inilah Langkah Nyata Dalam Merubah Persepsi Negatif eSport di Indonesia

Popularitas game sebagai olahraga digital atau yang mungkin lebih kita kenal dengan sebutan eSport ternyata belum diketahui oleh banyak orang. Pada acara soft-launch Poseidon Game Arena pekan lalu di Solo, Jawa Tengah, perwakilan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Pemerintah Kota Surakarta pun mengamini fakta tersebut.

“eSport masih membutuhkan sosialisasi yang lebih intensif agar keberadaannya bisa diterima oleh masyarakat luas, terutama kalangan keluarga dan dunia pendidikan yang selama ini masih belum memahami dan belum sepenuhnya mendukung putra-putrinya atau siswa-siswinya menekuni dunia ini,” ucap Ir. Suhanto, MM, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Pemkot Solo.

Dia juga menambahkan, “Keberadaan arena eSport dengan aturan-aturan ketat, fasilitas lengkap, serta dilengkapi dengan teknologi mumpuni seperti yang dihadirkan oleh Poseidon Game Arena ini akan menjadi angin segar sekaligus edukasi bagi masyarakat agar semakin mengenal potensi positif eSport di masa mendatang.”

“Dengan berbagai kompetisi dan juga kejuaraan resmi antar bangsa yang sudah sering digelar, sudah sepatutnya semua pihak turut mendukung proses persiapan eSport di Indonesia agar Merah Putih bisa berkibar di puncak prestasi tertinggi di tingkat dunia,” tambah Ir. Suhanto, MM.

Harapan yang sama juga muncul dari dunia pendidikan. Kepala Sekolah SMA Batik 2 Surakarta, Joko Sumarsono, mengatakan bahwa fasilitas eSport dengan teknologi canggih dan fasilitas lengkap layaknya yang disuguhkan oleh Poseidon Game Center akan mampu membuat perspektif baru bagi dunia pendidikan dalam melihat dunia gaming sebagai potensi baru untuk pengembangan bakat siswa.

Joko juga berharap, NVIDIA dan Poseidon mau bekerja sama dengan pihaknya untuk membina siswa-siswinya yang meminati eSport melalui kegiatan ekstra kurikuler yang akan mereka selenggarakan.

“Kami membutuhkan panduan agar dapat menyelenggarakan program pembinaan dan pengembangan bakat secara tepat.” ucap Joko Sumarsono

Poseidon Game Center sendiri merupakan wahana baru yang memiliki potensi untuk pembantu mengoptimalkan perkembangan eSport di Kota Solo maupun kota-kota sekitarnya.

Selain dilengkapi dengan berbagai teknologi tercanggih dan terdepan dari NVIDIA, Poseidon juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap, baik untuk permaian game secara regular, pertandingan, hingga ruangan khusus live streaming yang bisa dimanfaatkan oleh anak muda kreatif untuk mengembangkan diri sebagai analis game maupun komentator pertandingan.

“Kami juga menghadirkan aturan-aturan berkunjung dan bermain secara ketat. Poseidon merupakan arena olahraga digital yang berfokus pada pembinaan dan pengembangan potensi sehingga budaya disiplin menjadi unsur yang kami kedepankan di sini,” ujar Tri Hardjono, pemilik Poseidon Game Arena Solo.

Tri juga menambahkan, “Kami sangat terbuka untuk bekerja sama dengan dunia pendidikan maupun dinas pemuda dan olahraga Solo, tetapi, kami memberlakukan aturan ketat seperti melarang siswa berseragam untuk berkunjung dan bermain game di jam-jam sekolah. Poseidon juga harus bersih dari asap rokok. Nilai-nilai sportivitas, kedisiplinan, hingga ketekunan dan komitmen adalah nilai-nilai yang akan kami budayakan di Poseidon.”

Menurut Tri, dengan sertifikasi yang dimiliki Poseidon Game Arena sebagai GeForce-Certified iCafe, pihaknya semakin optimis mampu memberikan layanan dan fasilitas terbaik bagi para peminat game dan eSport di Kota Solo dan sekitarnya.

“Masyarakat Solo saat ini tidak lagi harus pergi ke Yogyakarta untuk mendapatkan fasilitas eSport yang memadai. Bahkan, sekarang mereka bisa menikmati salah satu fasilitas eSport paling moderen sekaligus terlengkap di tanah air di kota tempat tinggal mereka ini.”

Program sertifikasi GeForce untuk Poseidon Game Arena merupakan bagian dari program NVIDIA di kawasan Asia Pasifik yang hingga saat ini telah menyertifikasi 250 arena game dan ditargetkan akan menjadi 500 GeForce-Certified iCafe pada tahun 2018.

Di Indonesia sendiri, NVIDIA tahun ini menargetkan akan menyertifikasi 50 arena game. Selain di Indonesia, program ini juga dilaksanakan di Malaysia, Taiwan, Thailand, Filipina, Korea Selatan, dan Vietnam.

“NVIDIA, sebagai salah satu penyedia teknologi terdepan di dunia, turut berbangga dapat menjadi bagian penting atas kehadiran Poseidon Game Arena yang selain menjadi kebanggaan dunia eSport Kota Solo, namun dunia eSport tanah air. Kehadirannya yang diperkuat dengan teknologi terdepan NVIDIA diharapkan dapat berkontribusi terhadap perkembangan dan pembinaan olahraga digital Indonesia, khususnya dalam berkompetisi di ajang antar bangsa,” jelas Harry Kartono, Country Business, NVIDIA Indonesia.

Leave a Reply