Inilah Durian Jawara, Legit Dengan Tekstur Yang Kenyal

Festival Durian Karanganyar yang dihelat di Terminal Wisata Bangun Makutoromo Karangpandan, Kamis (04/01/2017), memunculkan jawara baru. Adalah durian milik Wando, warga Dusun Garet, Desa Pendem, Mojogedang, yang berhasil menyabet juara I.

“Biasanya, durian dari kebun saya ini dijual secara online. Ikutan lomba karena diajak Balai Penyuluh Pertanian Karangpandan. Alhamdulilah menang,” kata pria yang menjabat perangkat Desa Pendem ini kepada wartawan usai pengumuman pemenang.

Dua butir durian milik Wando terpasang nomor urut 22. Sebanyak tiga anggota tim juri memberi penilaian bagi 26 peserta. Mereka menakar kualitasnya dari ketebalan daging, rasa, tekstur, pulen serta fisik menarik si raja buah.

Juara I berhak uang pembinaan Rp2 juta. Sedangkan juara II diraih warga Pablengan, Matesih, Wardoyo yang berhak Rp1,5 juta. Sedangkan juara III diraih warga Genengan, Jumantono, Paino yang membawa hadiah Rp1 juta.

Bagi Wando dan Wardoyo, mereka memiliki pasar segmen khusus peminat durian. Promosinya di media online cukup berhasil menarik para pembeli.

“Punya saya berwarna kuning mentega. Berbeda dengan daging durian lokal lainnya yang berwarna pucat. Rasanya juga legit,” katanya.

Festival Durian Karanganyar selain melombakan buah terbaik juga menjualnya sistem lelang. Panitia menjual 36 tenggok berisi masing-masing 10 butir durian.

Dibuka penawaran mulai Rp 1 juta per tenggok. Para pembeli rata-rata pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang diundang di acara itu. Mereka menawar Rp600 ribu sampai Rp400 ribu per tenggok.

Leave a Reply