Inilah 5 Kandidat Juara Piala Dunia 2018, Mana Jagoanmu?

Piala Dunia 2018 yang bakal diadakan di Rusia memang masih menyisakan sekira enam bulan lagi. Namun, dengan segala drama dan emosi yang bakal tersaji di pesta sepakbola terakbar di dunia itu, wajar jika banyak para pencinta sepakbola yang sudah tak sabar menantikan digelarnya Piala Dunia 2018.

Karena itu, bolehlah kita berakting macam Mama Lauren untuk menebak-nebak siapa calon terkuat untuk menjadi tim sepakbola terbaik sejagat raya pada tahun ini. Sebab, setidaknya ada lima tim yang memiliki peluang besar menjadi juara di Piala Dunia 2018 Rusia.

Berikut lima negara yang memiliki peluang menjadi juara di gelaran Piala Dunia 2018 Rusia:

5. Portugal

Portugal
Portugal

Berat rasanya untuk tidak memasukkan Portugal dalam daftar peraih titel juara Piala Dunia 2018, mengingat mereka hingga kini masih berstatus sebagai penguasa Eropa. Ya, Portugal secara mengejutkan mampu keluar sebagai juara Piala Eropa 2016 dengan mengalahkan Prancis di partai final.

Dengan fakta itu, wajar jika Portugal tampaknya bisa melanjutkan daya kejut mereka kepada pencinta sepakbola dunia dengan jadi juara di Piala Dunia 2018. Mengapa tidak? Toh, mereka juga sudah melakukannya di Prancis.

Bukan hanya bakal tampil tanpa beban, Portugal sendiri saat ini memang memiliki skuad perpaduan pemain muda dan pengalaman yang cukup luar biasa. Nama-nama macam JoaoMario, Luis Nani, hingga Cristiano Ronaldo diyakini bakal menjadi mentor yang baik untuk sejumlah pemain belia layaknya Renato Sanches, Bernardo Silva, dan Andre Silva.

Tidak hanya itu, fakta bahwa Piala Dunia 2018 Rusia mungkin menjadi turnamen besar terakhir yang bakal diikuti Ronaldo bersama Portugal, menjadi tambahan motivasi untuk anak-anak asuhan Fernando Santos tersebut. Tentu mereka tidak ingin pemain terbaiknya harus menyelesaikan karier tanpa merasakan manisnya titel Piala Dunia.

4. Argentina

Argentina
Argentina

 

Argentina memang tertatih-tatih untuk bisa mendapatkan satu tiket menuju Rusia. Pasalnya, Argentina sempat nyaris gagal mentas di Piala Dunia 2018 lantaran gagal menunjukkan penampilan mengesankan di babak kualifikasi zona Amerika Selatan.

Beruntung mereka mampu memperbaiki performanya pada beberapa pertandingan terakhir, hingga akhirnya lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Hadirnya Argentina di Piala Dunia 2018 membuat mereka menjadi salah satu kandidat juara.

Pasalnya selain memiliki sejumlah pemain berkualitas di skuadnya, Piala Dunia 2018 juga mungkin menjadi kesempatan terakhir bagi Lionel Messi mempersembahkan gelar internasional untuk negaranya.

Sebab Messi sendiri kini telah berusia 30 tahun, dan beberapa kali mengutarakan keinginannya pensiun dari Timnas. Dan kegagalan di Piala Dunia 2018, mungkin bakal semakin menguatkan hasrat Messi untuk menyudahi petualangannya bersama Argentina.

3. Prancis

Prancis
Prancis

 

Prancis boleh saja gagal jadi juara ketika menggelar Piala Eropa 2016 setelah kalah 0-1 dari Portugal. Akan tetapi mereka memiliki peluang besar membayar kegagalannya itu dengan membawa pulang trofi Piala Dunia dari Rusia pada tahun ini.

Masuknya Prancis sendiri dalam daftar ini bukan tanpa alasan yang kuat. Pasalnya, Prancis sudah menemukan sosok generasi emas baru mereka pada diri Paul Pogba, Antoine Griezmann, N’Golo Kante, Ousmane Dembele, hingga Kylian Mbappe.

Sejumlah bakat-bakat muda itu bakal terasa semakin ciamik dengan perpaduan para pemain senior macam Hugo Lloris, Laurent Koscielny, Olivier Giroud, serta Blaise Matuidi. Namun yang menjadi masalahnya, hampir dari setengah pemain di skuad Prancis kini bermain di Liga Inggris. Yang mana merupakan kompetisi paling sibuk di dunia, hingga-hingga tidak mengenal libur Natal. Situasi tersebut bisa saja berdampak terhadap kondisi fisik para pemain Prancis ketika mentas dalam gelaran Piala Dunia 2018.

2. Brasil

Brasil
Brasil

 

Dengan status sebagai pemilik gelar juara Piala Dunia terbanyak, sungguh aneh jika Brasil tidak masuk dalam daftar ini. Terlebih, Brasil menjadi salah satu tim paling awal memastikan satu tempat ke Piala Dunia 2018 selain sang tuan rumah Rusia.

Selain itu, Brasil sendiri saat ini memiliki skuad yang cukup kuat di setiap lininya. Yang mana mereka tidak menemukan hal tersebut ketika menggelar ajang yang sama pada empat tahun silam di rumahnya sendiri.

Pada saat ini skuad Brasil pun bisa dikatakan skuad yang lebih matang dengan kisaran usia 26-29 tahun pada pemainnya. Kiprah Brasil bakal terasa semakin menawan dengan hadirnya sejumlah pemain-pemain muda berbakat pada diri Gabriel Jesus, Marquinhos, hingga Ederson Moraes.

Perpaduan pemain berpengalaman serta para pemain belia bakal terasa semakin menjanjikan di bawah arahan pelatih kenamaan pada diri Adenor Leonardo Bacchi atau kerap disapa Tite. Dengan segala fakta itu, sangat patut dinantikan kiprah Brasil di Piala Dunia 2018.

1. Jerman

Jerman
Jerman

Sama halnya dengan Prancis, Jerman boleh saja gagal total di Piala Eropa 2016. Akan tetapi hal itu tidak bisa menjadi tolok ukur terhadap kiprah mereka di putaran final Piala Dunia 2018. Terlebih Jerman sendiri berstatus sebagai juara bertahan.

Faktor mendorong besarnya peluang mereka mengulangi prestasi mereka di Brasil ketika mentas di Rusia adalah banyak pemain muda penuh talenta yang dimiliki Jerman saat ini. Nama-nama seperti Leon Goretzka, Mahmoud Dahoud, Emre Can, Joshua Kimmich, dan Julian Brandt.

Bahkan nama-nama yang disebutkan di atas sempat menorehkan tinta emas ketika tampil dalam ajang pemanasan sebelum Piala Dunia 2018 digelar, yakni Piala Konfederasi 2017. Ya, para Panzer-Panzer muda tersebut mampu mengondol gelar juara dari ajang tersebut.

Sejumlah talenta belia itu bakal terasa semakin menjanjikan dengan perpaduan mereka bersama para pemain senior dalam diri Thomas Muller, Mesut Ozil, Mats Hummels, Jerome Boateng, dan tentu saja Manuel Neuer.

Dengan banyaknya pemain muda Jerman yang memiliki kemampuan di atas rata-rata tersebut semakin mempermudah tugas Joachim Low dalam membentuk skuad yang benar-benar kompetitif di Piala Dunia 2018.

Leave a Reply