Inilah 15 Ciri-Ciri Utama Dari Anjing Yang Sedang Sakit

Anjing Yang Sedang Sakit

Memiliki anjing peliharaan merupakan salah satu hal yang dapat menghibur banyak orang. Merawatnya dengan tulus setiap hari, mengajaknya jalan-jalan, dapat membuat kamu sebagai pemelihara anjing ikut merasakan kebahagiaan yang mungkin tidak akan kamu dapatkan dalam kegiatan yang lain.

Oleh karena hal tersebut, maka kemampuan mengetahui apabila anjing kamu mengalami masalah adalah hal yang harus kamu miliki agar anjing kamu tetap sehat dan siap bermain-main dengan kamu setiap saat.

Di bawah ini kami rangkumkan beberapa ciri-ciri apabila anjing kamu mengalami gangguan kesehatan terutama pada bagian fisiknya. Dengan mengetahui 15 ciri-ciri anjing sakit ini, kamu pasti dapat merawat anjing kamu dengan lebih baik.

Berikut ini 15 ciri-ciri anjing sakit yang kami rangkum dari berbagai sumber khusus untuk kamu.

1. Anjing tidak mau makan

Anjing yang sakit akan mengalami perubahan nafsu makan. Bila anjing sakit, maka nafsu makannya akan menurun drastis sampai tidak makan sehari atau lebih. Namun demikian bisa saja dia mengalami stress karena pindah ke tempat baru atau sedang melahirkan.

Bila anjing kamu tidak kamu pindah di tempat yang baru, atau bila sudah jelas ia tidak hamil, maka kamu harus segera mengambil tindakan cepat karena bisa jadi anjingmu akan atau sudah mengalami penyakit tertentu.

2. Mata sayu

Mata anjing dapat menunjukkan berbagai hal, dari perasaan sampai rasa sakit yang dia alami. Mata anjing yang berubah menjadi sayu menjadi salah satu pertanda bahwa anjing kamu sedang mengalami gangguan kesehatan. Segera periksakan bila kamu melihat mata anjing kamu sayu serta dia tidak mau makan sama sekali selama satu hari.

3. Mata memerah

Mata yang memerah menunjukkan bahwa anjing kamu sedang mengalami gangguan kesehatan berupa demam. Bila mata memerah ini dia alami secara tiba-tiba alias tanpa ada indikasi dia bermain ke luar sehingga menyebabkan ada debu yang menyebabkan iritasi, kamu harus segera memeriksakan anjing kamu ke dokter karena potensi besarnya anjing kamu sedang mengalami demam.

4. Mata menguning

Apabila anjing kamu mengalami sakit liver, maka salah satu indikasi yang terlihat adalah mata anjing kamu akan berwarna kekuning-kuningan. Bila mata anjing kamu tiba-tiba menguning, kamu harus segera memeriksakannya ke dokter sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Mata rusak

Bola mata anjing yang rusak merupakan ciri anjing kamu sedang mengalami infeksi cacingan. Larva cacing roundworm merupakan salah satu penyebab utama mengapa bola mata anjing kamu dapat rusak sehingga anjing kamu akan kehilangan penglihatannya.

Apabila anjing kamu baru lahir, atau kamu punya induk anjing yang sedang hamil atau pasca hamil, sebaiknya hati-hati bila melihat indikasi mata anjing kamu seperti ada sesuatu yang menghinggapinya karena bisa jadi di sana sedang ada larva cacing roundworm. Periksakan ke dokter terdekat dan lebih baik meminta saran untuk mencegah agar tidak sampai ada infeksi atau migrasi larva cacing ke bola mata anjing kesayangan kamu.

6. Air seni berwarna kuning pekat

Air seni merupakan salah satu hal yang dapat menunjukkan kondisi tubuh anjing kamu. Apabila anjing kamu sehat, maka air seninya akan berwarna kuning muda. Sementara itu, air seni yang berwarna kuning pekat menunjukkan anjing kamu sedang mengalami demam.

7. Air seni berwarna kuning

Air seni merupakan salah satu hal yang dapat menunjukkan kondisi tubuh anjing kamu. Apabila anjing kamu sehat, maka air seninya akan berwarna kuning muda. Air seni berwarna kuning menunjukkan anjing kamu sedang mengalami penyakit leptospirosis. Penyakit leptospirosis ini mungkin ditularkan dari tikus kepada anjing kamu.

8. Air seni mengandung darah

Air seni merupakan salah satu hal yang dapat menunjukkan kondisi tubuh anjing kamu. Apabila anjing kamu sehat, maka air seninya akan berwarna kuning muda. Air seni yang mengandung darah menunjukkan ada masalah di ginjal anjing kamu. Masalah dalam ginjal tersebut dapat berarti dinding ginjal anjing kamu terluka sehingga kurang optimal dalam melakukan fungsinya sekaligus membuat darah ikut terbawa dan terbuang dalam urin.

Bila ini terjadi, secepatnya kamu harus segera memeriksakan anjing kamu ke dokter hewan kepercayaan kamu. Sebab bila terlambat, bisa jadi ginjal anjing kamu akan semakin bermasalah sehingga penyerapan nutrisi dari makanan yang diberikan kepadanya juga tidak akan optimal. Bila ini terus berlanjut, kematian adalah hal yang bisa jadi sudah menunggu anjing kamu.

9. Kotoran anjing mencret

Kotoran anjing yang mencret dapat menunjukkan bahwa anjing kamu mengalami masalah berupa adanya cacing yang menggerogoti sistem pencernaannya. Selain itu bisa pula mencret menunjukkan bahwa pencernaan anjing kamu masih beradaptasi dengan perubahan makanan yang kamu berikan secara tiba-tiba.

Bila kamu tidak mengubah makanan yang kamu berikan pada anjing kamu, bisa jadi bila anjing kamu mencret hal itu menunjukkan anjing kamu sedang mengalami cacingan.

10. Kotoran anjing berdarah

Kotoran anjing yang berdarah, atau mengandung darah dapat menunjukkan ada masalah berat di pencernaan anjing kamu. Bisa jadi, di dalam sistem pencernaan anjing kamu terdapat infeksi bakteri atau virus.

Infeksi atau virus tersebut kemudian mengganggu sistem pencernaan kamu, seperti melukai dinding saluran pencernaan kamu sehingga menyebabkan darah ikut terbawa dalam kotoran yang dikeluarkan oleh anjing kamu.

11. Kotoran anjing berwarna hitam

Kotoran anjing yang berwarna hitam dapat menunjukkan ada masalah berat di pencernaan anjing kamu. Warna hitam ini dapat menunjukkan bahwa di dalam sistem pencernaan anjing kamu terdapat infeksi dari bakteri atau virus sehingga mengganggu sistem pencernaan anjing kamu.

Sebaiknya kamu segera mengantarkan anjing kamu pada dokter hewan terdekat untuk segera diperiksa dan diketahui apa yang mengganggu anjing kamu. Dengan demikian, anjing kamu akan lekas sehat seperti sedia kala.

12. Kotoran anjing berbau tajam

Kotoran anjing yang berbau tajam lebih dari biasanya dapat menunjukkan ada masalah berat di pencernaan anjing kamu. Bisa jadi, di dalam sistem pencernaan anjing kamu terdapat infeksi bakteri atau virus. Namun bila kamu memang memberikan makanan yang berbau tajam, bisa jadi itu bukan merupakan masalah besar.

Tetapi lebih aman apabila kamu memeriksakan anjing kamu kepada dokter saat kotoran yang dia keluarkan memiliki bau yang tajam. Dengan demikian penyebabnya akan diketahui dengan lebih pasti dan dapat ditangani secepatnya agar kondisi anjing kamu tidak semakin memburuk dan dapat segera kembali sehat seperti sedia kala.

13. Air liur berlebihan serta mulut yang berbau tajam

Anjing kamu terkadang akan mengeluarkan air liur dari dalam mulutnya sebagai pertanda dia lapar atau yang lainnya. Namun, apabila air liur yang dia keluarkan berlebihan (banyak) dan atau mulut anjing memiliki bau yang sangat tajam, bisa menjadi pertanda bahwa anjing kamu mengalami masalah pada mulutnya seperti adanya gigi yang perlu dicabut dari mulut anjing kamu.

Gejala lain untuk menguatkan hal ini seperti makan lebih sedikit, anjing kamu kesulitan dalam mengunyah, atau bila kamu menyentuh moncongnya, anjing kamu akan bergerak sensitif. Bisa jadi hal ini menunjukkan masalah lain yang harus segera kamu ketahui agar kondisi anjing kamu tidak semakin parah.

14. Batuk berlebihan

Anjing sesekali dapat mengalami batuk. Namun bila batuk itu berlangsung lama dan tidak kunjung-kunjung hilang, bisa jadi ada masalah serius dalam tubuh anjing kamu. Batuk dapat menjadi indikasi adanya penyakit seperti bronkitis, sampai cacing pada jantung anjing.

Bila anjing kamu batuk-batuk berlebihan dan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama (lebih dari sehari) sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter hewan terdekat. Lebih cepat mengetahui penyebab anjing kamu mengalami hal ini akan lebih baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada anjing kamu.

15. Suhu tubuh tinggi

Layaknya manusia, anjing yang demam juga akan mengalami peningkatan suhu tubuh. Suhu tubuh anjing yang normal biasanya tidak sampai pada angka 39 derajat celcius. Apabila suhu tubuh anjing kamu berada di atas 39 derajat celsius, atau 39 derajat celcius, hal itu jelas menunjukkan suhu tubuh anjing kamu sudah sangat tinggi.

Apabila suhu tubuh anjing kamu kamu menyentuh angka tersebut, segera periksakan dia ke dokter hewan terdekat karena bisa jadi anjing kamu sedang demam atau bahkan mengalami penyakit lain yang memunculkan gejalanya dengan demam. Semakin cepat kamu memeriksakannya, semakin baik.

Leave a Reply