Inilah 12 Jenis Keju Beserta Dengan Negara Asalnya

jenis keju

Sebagai penggemarnya, kamu pasti tahu kalau ada bermacam-macam keju. Di supermarket saja kita bisa menemukan keju cheddar, mozzarella, parmesan, dan edam. Jika ditelusuri lebih lanjut, ada puluhan jenis keju di dunia ini.

Beberapa tidak dijual di sini karena memiliki rasa yang sangat tajam dan tidak sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Meski sama-sama terbuat dari susu, keju dibuat dengan bakteri yang berbeda serta disimpan dengan cara yang berbeda. Waktu fermentasinya pun bervariasi, mulai dari beberapa jam hingga bertahun-tahun.

Alhasil, rasa dan tekstur dari masing-masing keju ini berbeda. Cara penyajiannya pun disesuaikan dengan negara asal mereka.

Supaya tidak penasaran, yuk, cari tahu apa saja jenis-jenis keju dan dari mana mereka berasal!

1. Brie

Prancis terkenal akan keju dan anggurnya. Salah satu kejunya yang paling terkenal adalah Brie yang dijuluki ratunya para keju. Warnanya putih elegan dan rasanya tajam.

2. Cheddar

Sejak kita kecil, keju yang sering kita lihat di televisi adalah keju cheddar. Meski keju ini cukup populer di Amerika dan Indonesia, ternyata keju ini berasal dari negeri Ratu Elizabeth.

3. Mozzarella

Ini nih keju paling disukai anak muda di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Keju ini berasal dari Italia. Pembuatannya cukup mudah dan hanya perlu difermentasi selama beberapa jam saja. Secara tradisional, keju mozzarella dibuat dari susu kerbau.

4. Gouda

Di Indonesia, keju ini lebih dikenal dengan nama keju edam. Asalnya dari Belanda dan mudah dikenali dari bagian luarnya yang terbuat dari lilin merah. Teksturnya cukup keras, termasuk jenis keju tua, dan rasanya gurih.

5. Feta

Keju asal Yunani ini terbuat dari susu kambing atau domba dan difermentasi dalam waktu yang cukup lama. Teksturnya padat dan mudah hancur. Keju feta biasanya digunakan sebagai taburan di atas salad.

6. Circassian

Rasa dari keju ini tidak terlalu kuat, seperti mozzarella. Namun bentuknya tidak berubah meskipun dipanggang. Keju yang berasal dari Rusia terbuat dari susu sapi, domba, atau kambing.

7. Monterey Jack

Keju asal Amerika Serikat ini terbuat dari susu sapi, sangat creamy dan memiliki beberapa varian seperti colby-jack, cheedar-jack, dan pepper-jack. Awalnya keju ini dibuat oleh orang Meksiko yang tinggal di California hingga suatu hari seseorang bernama David Jack menjualnya secara komersil.

8. Gruyere

Hidangan cheese foundue tidak akan lengkap jika tanpa keju gruyere. Rasanya sangat kompleks dan termasuk salah satu yang terenak menurut para penikmat keju. Asalnya dari Swiss, tepatnya di sebuah kota bernama Gruyere.

9. Emmental

Ini lho keju yang sering kamu lihat di serial kartun Tom and Jerry. Keju asal Swiss ini berlubang-lubang dan memiliki rasa asin dan gurih yang lembut. Awalnya banyak yang berpendapat lubang di keju ini adalah sebuah kekurangan, hingga pada akhirnya keju ini terkenal dan dianggap unik.

10. Akawi

Dalam bahasa Arab, akkawi berarti “dari Akka”. Keju ini memang berasal dari kota Akka, Palestina. Warnanya putih bersih dan memiliki tekstur yang mirip dengan mozzarella dan feta. Biasanya keju ini dimakan bersama roti atau buah-buahan.

11. Rumi

Bukan hanya negara eropa saja lho yang punya keju, Mesir juga memiliki keju tradisional mereka sendiri yang bernama rumi. Keju ini terbuat dari susu sapi atau kerbau. Teksturnya keras namun rapuh. Rasanya cukup kuat dan asin.

12. Gorgonzola

Keju ini diberi nama sesuai asalnya, yaitu kawasan Gorgonzola di Kota Milan, Italia. Biasanya digunakan sebagai topping pizza atau risotto. Rasanya lebih kaya dibandingkan mozzarella sehingga banyak orang yang lebih menyukainya dibanding mozzarella.

Leave a Reply