Ini Trik Membuat Sup Sayuran Yang Gurih Dan Enak

Sup Sayuran

Asupan sayuran segar tak boleh dilupakan saat berpuasa. Anda bisa meracik sup sayuran yanggurih enak dengan beberapa tips sederhana ini.

Membuat sup sayuran terlihat mudah. Tetapi jika tak tahu triknya bisa jadi sup hambar dan terasa seperti sayuran rebus. Atau sayuran yang terlalu lonyot sehingga aromanya langu atau kurang sedap. Jika ingin membuat sup sayuran yang gurih enak, coba perhatikan beberapa hal ini.

1. Gunakan stok kaldu ayam atau sapi

Inilah gunanya Anda punya stok kladu ayam dan sapi yang dibekukan. Anda tak perlu membuang banyak waktu di dapur. Cukup lumerkan kaldu kemudian rebus dalam panci dengan api sedang hingga mendidih perlahan. Kaldu siap dibumbui dan ditambah bahan untuk jadi sup yang enak.

2. Bumbu

Untuk memberi rasa yang gurih sedap, gunakan hanya kaldu asli. Jangan menambahkan kaldu bubuk atau kaldu instan. Karena kaldu ini umumnya diberi tambahan MSG dalam jumlah cukup banyak.

Untuk bumbunya, tumis bawang bombay atau bawang merah yang dicincang kasar dengan mentega ( jangan memakai margarin) hingga aromanya harum dan warnanya agak kecokelata. Masukkan ke dalam kaldu, tambahan merica bubuk, pala bubuk dan garam secukupnya lalu didihkan kembali.

3. Potong sayuran

Jika akan menyajikan sup untuk sahur atau berbuka puasa, ada baiknya potong-potong sayuran yang sudah dicuci dalam ukuran yang hampir sama. Simpan dalam wadah tertutup di lemari es. Saat akan menyajikan tinggal memasukkan ke dalam kaldu.

Pilih sayuran sesuai selera, seperti kentang, tomat, brokoli, buncis dan wortel. Masukkan sayuran setelah kaldu mendidih. Rebus sayuran yang keras lebih dulu seperti kentang dan wortel, setelah agak lunak masukkan sayuran yang cepat empuk seperti brokoli dan kapri manis. Didihkan hingga sayuran lunak lalu angkat dari api.

4. Selalu sajikan hangat

Sup sayuran dan semua jenis sup sebaiknya sajikan selagi masih hangat. Karena rasa gurihnya lebih terasa kuat. Jika terasa kurang gurih, bisa ditambahkan sedikit mentega hingga aroamnya juga lebih wangi. Sebelum disajkan bisa ditaburi dengan bawang merah goreng.

Leave a Reply