Ini Terjemahan 8 Kata Unik Bahasa Indonesia Dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris kini sudah menjadi suatu kebutuhan bahkan suatu keharusan untuk dikuasai para kaum milenial dalam menghadapi tuntutan zaman yang semakin canggih dan mengglobal.

Bagi sebagian orang asli Indonesia, belajar bahasa Inggris adalah hal yang sulit karena bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu mereka. Terlebih lagi banyak kata-kata ‘unik’ dalam bahasa Indonesia yang sulit dan membingungkan untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Apa aja sih kata-kata ‘unik’ dalam bahasa Indonesia yang sering bikin bingung untuk diterjemahkan bahasa Inggrisnya? Dilansir dari twitter EnglishTips4U, yuk, simak kata-kata berikut ini!

1. Masuk Angin

Masuk angin adalah penyakit yang sebenarnya tidak ada istilah medisnya dan tidak dikenal di dunia medis namun paling terkenal di Indonesia.

Bule ternyata menyebut masuk angin ini dengan feel unwell/ sick/ ill; catch a cold/ flu. Kalau kamu bilang“I enter the wind” kira-kira bule bakal ngerti gak ya? Hihihi..

2. Kawin lari

Elope atau elopement adalah bahasa Inggris yang tepat untuk istilah kawin lari, bukan run away married, ya guys!

3. Kampungan

Kampungan adalah suatu kiasan dalam bahasa Indonesia yang bukan berarti orang yang tinggal di kampung atau desa, melainkan kiasan untuk orang yang tidak tahu perkembangan teknologi atau zaman, atau orang dengan gaya yang aneh dan norak.

Dalam bahasa Inggris, kamu bisa bilang kampungan dengan kata old fashioned; so yesterday; out of date.

4. Pusing tujuh keliling

Kalau tujuh keliling diterjemahkan menjadi seven around dan pusing adalah dizzy, berarti bahasa Inggris pusing tujuh keliling itu dizzy seven around? 

Eits…jangan diterjemahkan per kata ya, kamu bisa menerjemahkan istilah ini dengan very dizzy; overly headache; major headache.

5. Tumben

Kamu pasti sering kan mendengar orang lain berkata ‘tumben’ ketika kamu melakukan suatu aktivitas yang tidak biasanya kamu lakukan seperti “tumben belajar? tumben sepi? tumben nge-chat?” dan lain sebagainya.

Dalam bahasa Inggris, kamu bisa menerjemahkan kata tumben dengan how odd; unusual; unlike you.

6. Ulala Cetar Membahana Badai Halilintar

Pasti kamu udah gak asing lagi ‘kan dengan jargon “Ulala Cetar Membahana Badai Halilintar” yang sangat fenomenal. Jargon yang kerap diucapkan Syahrini ini diperuntukan kepada suatu hal yang luar biasa keren atau digunakan untuk memuji orang lain.

Gak usah bingung, kamu bisa menerjemahkan jargon ini ke dalam bahasa Inggris cukup dengan awesome; incridible; spectacular. Lebih simpel ‘kan?

7. Ngulet

Ngulet sesaat setelah bangun tidur memang nikmat yang tiada duanya. Dalam bahasa Inggris, ngulet diterjemahkan sebagai stretching; bend the body after waking up. Karena ngulet dalam bahasa Indonesia sendiri diartikan sebagai gerakan menggeliat atau peregangan yang biasanya dilakukan sesaat setelah bangun tidur.

8. Kesemutan

Kesemutan atau dalam dunia medis disebut paresthesia adalah sensasi seperti rasa kebas atau mati rasa yang dapat terasa di bagian tubuh mana pun, namun biasanya dirasakan pada kaki misalnya setelah kita lama duduk bersila maupun tangan yang tertindih lama ketika tidur.

Dalam bahasa Inggris, kata kesemutan ini diterjemahkan menjadi pins and needles. Secara harfiah, pins and needles memiliki arti pin dan jarum yang dapat mencerminkan rasa tertusuk pin dan jarum seperti rasa kesemutan.

Leave a Reply