Ini Saran Dari Pilot Untuk Penumpang Saat Pesawat Dalam Keadaan Darurat

pesawat

Kemungkinan mengalami kecelakaan pesawat seseorang adalah satu per 5,4 juta. Kendati demikian perkiraan itu tak menghentikan jutaan orang takut terbang.

Sama halnya dengan keadaan darurat yang tak mungkin dihindari, oleh sebab itu briefing keselamatan singkat di awal penerbangan sangat masuk akal. Untuk mempersiapkan diri jika benar dalam situasi genting.

Seperti dikutip dari The Sun, Rabu (9/5/2018), seorang pilot kemudian mengungkap apa yang harus dilakukan seorang penumpang di menit-menit terakhir sebelum kecelakaan pesawat. Tentunya menjadi sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka.

Adalah Dave Inch, seorang kapten dari Boeing 787 – pesawat yang digunakan oleh American Airlines dan Air Canada – berbagi saran untuk langkah yang harus dilakukan jika sebuah pesawat jatuh.

Di situs Quora, Inch mengungkapkan kiatnya untuk meningkatkan peluang hidup Anda. Pertama-tama, penumpang harus menyiapkan diri sendiri sebelum pendaratan darurat.

“Singkirkan semua benda tajam dari kantong Anda, kendurkan ikat pinggang dan lepaskan dasi atau syal, lalu lepaskan sepatu hak tinggi,” tutur Inch.

“Copot kacamata saat mendarat sehingga tidak lepas saat berguncang. Lalu cari tahu jalan keluar terdekat dan pintu cadangan, karena ada yang tak bisa digunakan saat pendaratan di air.”

Setelah itu, papar Inch, hitung jumlah baris kursi ke pintu keluar pesawat dan coba identifikasi tonjolan apa pun yang mungkin Anda gunakan sebagai petunjuk jika kabin penuh dengan asap.

Meskipun ada kemungkinan terjadi kepanikan dan kekacauan di kabin, Inch mengatakan penting untuk mendengarkan penjelasan pramugari.

“Ikuti instruksi dari pramugari di briefing pra-pendaratan. Jika semua orang memahaminya, maka penumpang akan bekerja sama untuk menemukan jalan keluar,” jelasnya.

“Jangan buang waktu Anda merekam video dengan kamera Anda … dengarkan dan perhatikan. Jika Anda selamat dengan rekaman gambar, itu keren. Tapi jika Anda mati karena lebih tertarik untuk merekam video daripada memperhatikan, itu tidak keren.”

Setelah pesawat mendarat, para penumpang harus menahan godaan untuk berlari keluar dan menunggu di tempat duduk sampai diinstruksikan.

“Tetap di kursi Anda sampai diinstruksikan. Jangan membuka pintu atau jendela keluar tanpa instruksi langsung dari pramugari,” tegasnya.

“Ambillah sepotong kain (sebaiknya lembap) untuk membantu bernapas jika ada asap – jika ada asap saat evakuasi, tetap posisikan tubuh serendah mungkin.”

Leave a Reply