Ini Penjelasan Mengapa Mata Uang Setiap Negara Berbeda-Beda

Mata Uang

Kenapa di Indonesia kita pakai mata uang Rupiah, sementara negara lain menggunakan mata uang yang berbeda? Kenapa juga ya, satu dolar Amerika nilainya berbeda di Indonesia? Bisa berubah-ubah, lagi!

Perbedaan mata uang di setiap negara ini mengharuskan kita untuk melakukan penukaran uang yang kita punya ke mata uang yang kita mau. Misalnya kalau kita pergi ke luar negeri dan ingin membeli atau membayar sesuatu.

Supaya tidak bingung, kita pergi ke masa lalu sebentar, yuk! Jaman dulu, orang-orang melakukan jual beli dengan cara barter atau tukar menukar barang. Nah, karena tukar menukar ini kadang-kadang bikin bingung buat menentukan nilainya, akhirnya ditemukan alat pembayaran lainnya yang dianggap lebih bernilai.

Awal mulanya ada emas dan perak yang dijadikan alat tukar untuk suatu barang yang akan dibeli. Setelahnya, mulai muncul pemakaian uang dalam bentuk koin, yang terbuat dari logam-logam tadi. Kemudian banyak bangsa mulai menggunakan uang kertas.

Tapi apa yang membuat nilainya berbeda-beda? Kalau di zaman dulu, perbedaan ini dipengaruhi oleh letak negara-negara di dunia. Karena ada yang jauh dan ada yang dekat, kalau ada perubahan ekonomi, negara yang jaraknya lebih dekatlah yang terpengaruh.

Terus kenapa sih kok nggak dibikin satu mata uang aja? Bukannya lebih mudah? Ada kok, negara-negara yang setuju memiliki mata uang yang satu nilai. Yaitu negara-negara di benua Eropa, kecuali Britania Raya, yang menggunakan mata uang Euro.

Nah, perbedaan dan naik turun ini, yang terjadi sampai sekarang, dipengaruhi banyak kondisi terutama keadaan ekonomi negara kita, teman-teman. Memangnya apa yang bisa mempengaruhinya?

Ada banyak, masih berhubungan dengan alasan pada zaman dulu, tapi selain letak geografis, setiap negara punya kondisi yang beda-beda juga, nih teman-teman. Misalnya beda sumber daya alam yang bisa diolah, perbedaan sumber daya manusia, sampai perbedaan sosial dan budaya yang ada di negara itu.

Terus, kenapa sih kok nilai dolar Amerika dipakai sebagai mata uang global? Padahal kan ada yang nilainya lebih besar. Nah, kalau yang ini dikarenakan perputaran ekonomi dunia, sepertiganya terjadi di Amerika, teman-teman.

Ternyata alasannya banyak juga, ya. Nilai dari mata uang kita juga bisa berubah karena hal-hal di atas.

Leave a Reply