Ini Olahraga Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Belakang

Tulang Belakang

Tulang belakang merupakan salah satu tulang yang memiliki peran yang penting untuk tubuh manusia. Selain menentukan sikap dan menopang tubuh, tulang belakang merupakan tempat melakatnya tulang rusuk—pelindung jantung dan paru-paru.

Pilates merupakan salah satu olahraga yag dikenal sejak awal abad ke-20 yang mampu menyehatkan tubuh, termasuk tulang belakang. Berikut gerakan pilates tanpa alat yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang belakang kamu.

CAT COW POSE

Dalam latihan ini, kamu menggunakan kedua lutut dan telapak tangan sebagai tumpuan. Pastikan posisi telapak tangan sejajar dengan bahu dan lutut serta pinggul, sehingga tidak menjorok ke depan atau belakang. Pernahkan kamu melihat seekor kucing yang sedang marah? Kurang lebih seperti itulah posisi cat.

Bersamaan dengan menarik napas, buat perut rata dan bayangkan kamu sedang menarik pusar perlahan-lahan ke arah punggung. Tarik masuk otot perut bawah kamu lalu lengkungkan punggung bawah, sedangkan punggung tengah dan punggung atas ke arah langit-langit. Jangan lupa untuk mengarahkan leher kamu menunduk hingga dagu menempel ke dada. Tahan posisi tersebut dalam beberapa detik baru berpindah ke posisi cow.

Posisi cow pada dasarnya kebalikan dari posisi cat. Pada saat menghembuskan nafas, gerakkan punggung mulai dari leher. Tengandahkan kepala kamu dan arahkan punggung bawah ke bawah dan punggung bagian atas menjorok ke atas.

BIRD DOG EXERCISE

Posisi awal mirip dengan cat cow pose. Pada saat mengeluarkan napas, angkat tangan kanan dan lutut kiri dari lantai. Lalu luruskan keduanya ke arah berlawanan. Tahan posisi tersebut selama 5 detik. Setelah lima detik, kembali ke posisi semula. Angkat tangan kiri dan lutut kanan dari lantai, luruskan dan tahan lima menit. Lakukan gerakan ini dengan masing-masing sisi sebanyak 10 kali.

SPINE TWIST SUPINE

Posisi awal untuk gerakan ini dinamakan table top. Posisi ini dilakukan dengan berbaring, tangan lurus di samping badan, lutut ditekuk dan diangkat ke atas. Dengan posisi tersebut, angkat bokong kanan bersamaan dengan menarik napas, sehingga posisi badan bagian bawah kamu condong ke kiri. Saat menghembuskan napas, angkat bokong kiri sehingga posisi badan bagian bawah condong ke kanan. Gerakan tersebut satu hitungan, lakukan hingga sepuluh hitungan.

CHEST LIFT

Chest lift merupakan gerakan yang mirip sit-up, namun kamu tidak perlu mengangkat seluruh tubuh bagian atas menyentuh paha. Gerakan ini  diawali dengan berbaring dengan menekuk lutut kamu. Kaitan jari-jari dan letakan di belakang kepala. Angkat dari bagian dada ke atas ke arah paha, dan tahan beberapa detik. Kembali ke posisi semula dengan menghembuskan napas.

Leave a Reply