Ini Gejala, Penyebab, Serta Cara Mengatasi Vertigo

Vertigo

Pernahkah tiba-tiba kamu merasakan sensasi berputar yang tak tertahankan sampai-sampai kamu bahkan tak sanggup untuk membuka mata karena terlalu pusing? Pada tahap tertentu yang susah ditahan, kamu bahkan akan merasakan mual dan muntah. Nah, bisa jadi kamu terkena serangan vertigo tuh, guys. Dilansir dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui soal vertigo!

1. Gejala vertigo yang perlu kamu waspadai

Umumnya, gejala yang timbul saat terkena vertigo adalah pusing dengan intensitas ringan ataupun berat. Penderitanya juga dapat kehilangan keseimbangan karena merasa sekelilingnya sedang berputar atau bergoncang seperti berada di atas perahu yang terombang-ambing.

Akibatnya, penderita dapat merasa mual, muntah dan sampai berkeringat. Hal ini tentunya sangat menganggu aktivitas karena gerakan kecilpun dapat membuat sensasi berputar tersebut datang lagi.

2. Penyebab vertigo yang harus kamu hindari atau antisipasi

Ada berbagai macam penyebab vertigo. Pastinya, setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda. Beberapa penyebab di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Migrain atau sakit kepala sebelah yang tak tertahankan, kadang sampai menyebabkan terganggunya pengelihatan;
  • Gangguan pada telinga bagian dalam yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh;
  • Trauma di kepala dan leher;
  • Vertigo Posisi Paroksismal Jinak atau Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) yang umumnya dipicu oleh perubahan posisi kepala, sehingga sensasi berputar akan terasa jika menggerakan kepala ke arah tertentu.

3. Mengatasi vertigo sebenarnya tidak sulit, bahkan bisa dengan cara alami

Pada beberapa kasus, vertigo dapat sembuh dengan sendirinya tanpa diperlukan pengobatan. Namun jika sudah tak tertahankan, tentu saja dibutuhkan obat-obatan untuk mengatasinya. Umumnya, vertigo dapat diatasi dengan mengonsumsi obat yang mengandungbetahistine mesylate untuk mengurangi rasa berputar. Komponen ini berfungsi untuk meningkatkan aliran darah pada telinga bagian dalam.

4. Pencegahan vertigo sebelum datang berkelanjutan atau semakin parah

Vertigo memang akan sangat mengganggu aktivitasmu. Namun jangan khawatir, itu bisa dicegah kok. Beberapa langkah-langkahnya adalah :

  • Jika kamu biasanya mengalami vertigo jenis BPPV, maka kamu harus membiasakan menggerakan kepala secara perlahan-lahan untuk mencegah vertigo kambuh;
  • Saat mulai merasa terserang vertigo, sebaiknya kamu langsung duduk;
  • Hindari bergerak secara tiba-tiba agar kamu dapat tetap seimbang. Hindari juga langsung berdiri sesaat setelah bangun tidur karena dapat membuat kamu tidak seimbang dan dapat berpotensi mengakibatkan vertigo;
  • Tidur dengan posisi kepala yang tinggi (disangga beberapa bantal).

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu soal vertigo. Tidak sedikit orang yang mengalaminya, apalagi dengan makin gencarnya penggunaan gadget yang mengeluarkan radiasi sinar biru. Faktor-faktor penyebab vertigo inilah yang perlu kamu hindari.

Leave a Reply