Ini Daftar 6 Restoran Halal Yang Terdapat Di Hongkong

Pemerintah Hong Kong mulai melirik para wisatawan muslim untuk berbondong-bondong datang. Dua hal utama yang mulai disiapkan oleh negara bekas koloni Inggris ini adalah pengadaan restoran halal dan tempat ibadah yang nyaman.

Di Hong Kong saat ini ada beberapa restoran halal, baik yang sudah mengantongi sertifikat halal dari majelis ulama setempat, atau karena sajian menunya full vegetarian.

Ada beberapa rekomendasi restoran halal yang bisa didatangi oleh pelancong muslim.

1. Islamic Centre Canteen

Islamic Centre Canteen
Islamic Centre Canteen

Dari namanya jelas restoran di kompleks Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick, Wan Chai ini menawarkan makanan halal. Menu andalan di restoran ini adalah dimsum halal. Rasanya sangat enak meski tanpa ditemani saus seperti layakanya dimsum yang dijual di Indonesia.

Jenis-jenis dim sum yang ditawarkan adalah siu mai, har gow, dan xiao long pao. Menu pilihan lain adalah nasi goreng ayam dan seafood, tumis kailan, dan pangsit goreng yang rasanya sangat gurih.

Bukan hanya favorit wisatwan muslim, warga lokal juga sangat menyukai menu di restoran ini. Saat saya dan rombongan menyambanginya, meja yang ada Islamic Center penuh. Disarankan datang sebelum jam makan siang jika tidak ingin masuk dalam daftar tunggu.

2. Restoran Jashan

Restoran Jashan
Restoran Jashan

Restoran di kawasan Amber Lodge, Hollywood Road, Central, Hong Kong ini merupakan restoran khas India. Ini adalah salah satu tempat makan yang mengantongi sertifikat halal.

Banyak menu andalan yang ditawarkan. Dari mulai kebab, aneka kari, dan menu seperti nasi kebuli. Rasanya jangan ditanya, lezat. Bagi anda penggemar pedas, Jashan harus anda kunjungi saat berlibur ke Hong Kong.

Menu kebab di Jashan terbagi atas nonvegetarian dan kebab vegetarian. Namun keduanya menu halal sehingga tak usah khawatir saat menikmatinya.

3. Chrisly Inn

Chrisly Inn
Chrisly Inn

Jika di Indonesia restoran ini seperti sebuah kafe. Menu yang ditawarkan kebanyakan menu roti dan minuman seperti kopi, susu dan teh. Namun ada pula menu ‘berat’ di sini.

Roti di Chrisly Inn dibuat tanpa menggunakan minyak babi. Tanpa menggunakan lemak babi, cita rasa roti di restoran ini patut diacungi jempol. Belum lagi milk tea yang dihidangnya sebagai teman makan roti pagi atau sore hari.

Aneka kue juga ditawarkan. Yang paling khas adalah wife cake, Pineapple Bun, Savory Pie, dan egg tart yang juga halal. Lokasi Chrisly Inn berada di tengah-tengah pusat perbelanjaan Shun Tak Center di Connaugh Road di kawasan Central, Hong Kong.

4. Green Common

Green Common
Green Common

Restoran ini memang tak mengklaim diri punya sertifikat halal. Namun kehalalan menu-menu yang dihadirkan tak perlu diragukan. Pasalnya, restoran ini mengusung menu vegetarian dalam semua hidangannya.

Bahkan, daging dalam menu burger di Green Commong, juga terbuat dari bahan sayuran. Burger di restoran ini adalah menu andalan. Dalam menu, terpampang foto aktor Hollywood, Leonardo Dicaprio yang membanggakan burger ala Green Common yang diberi nama beyond meat ini.

“Beyond meat is one of the most powerful measures someone can take to reduce their impact on our climate,” demikian kata Leonardo seperti tertulis di menu Green Common.

5. Panda Resto Ocean Park

Panda Resto Ocean Park
Panda Resto Ocean Park

Restoran ini berada di kawasan Ocean Park, salah satu tempat wisata utama di Hong Kong. Di restoran yang mengantongi sertifikat halal ini, pengunjung bisa memesan menu nasi ayam hainan, ban bebola daging lembu, ayam tandoori dan aneka buah segar.

Di kawasan Ocean Park juga pengunjung bisa melaksanakan ibadah salat di ruang yang disediakan. Namun ruang salat tersebut bukan musala khusus, hanya ruang darurat yang disediakan jika pengunjung ada yang ingin salat.

Namun sayangnya, ruang tersebut tak dilengkapi dengan tempat berwudu. Pengunjung harus berwudu di keran air yang ada di toilet terdekat.

6. Explorer’s Club Hong Kong Disneyland

Explorer's Club Hong Kong Disneyland
Explorer’s Club Hong Kong Disneyland

Explorer’s Club menawarkan berbagai varian menu. Dari mulai yang khas Indonesia, Jepang, Korea dan Asia Tenggara.

Pesan makanan anda, dan nikmati di ruangan tematik yang disediakan pengelola restoran di kawasan Mystic Point Hong Kong Disneyland ini. Tema ruang yang disediakan adalah China, India, Rusia, Maroko dan Mesir.

Jika ke restoran ini, Anda bakal banyak bertemu wajah-wajah dari Asia Tenggara. Sebagian berasal dari Indonesia. Saat saya menyambangi restoran bersertifikat halal ini, saya banyak bertemu pengunjung asal Indonesia yang sengaja ingin bersantap halal.

Explorer’s Club juga menyediakan musala nyaman untuk umat muslim menjalankan ibadah salat lima waktu. Lokasinya berada persis di samping restoran yang dilengkapi dengan tempat wudu.

Leave a Reply