Ini Beasiswa Dari 3 Kementerian Indonesia Yang Bisa Kamu Coba

Beasiswa

Banyak cara loh yang bisa dilakukan untuk terus lanjut kuliah meskipun finansial kurang memadai. Berbagai lembaga atau kementerian negara memiliki banyak program yang bisa kamu ikuti.

Dilansir dari Indonesia Baik, seenggaknya ada tiga kementerian nih yang menyediakan banyak beasiswa buat kamu di berbagai jenjang.

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Kementerian ini punya empat program beasiswa, yaitu Beasiswa Unggulan, Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Unggulan 3T, dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud (hanya untuk kalangan pegawai Kemendikbud). Untuk mekanisme dan beragam informasi terkait beasiswa-beasiswa ini, kamu bisa langsung kunjungi situs resminya nih di

2. Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti)

Kementerian ini punya dua program beasiswa, yaitu Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).

Untuk Beasiswa Pendidikan Bidikmisi tahun 2018 ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti nih. Pertama, daftar dan pelajari dulu prosedurnya. Setelah persyaratan sudah  kamu penuhi, bakal dapat Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Kalau nggak lolos saat SNMPTN, kamu bisa menggunakan KAP dan PIN itu untuk daftar SBMPTN juga. Sedangkan kalau lulus SNMPTN, tapi ingin daftar SBMPTN kamu perlu KAP dan PIN baru.

Selesai mendaftar SBMPTN, nantinya  kamu bisa menggunakan KAP dan PIN itu buat memperoleh slip pembayaran untuk membayar biaya seleksi SBMPTN.

Nah, untuk Beasiswa PPA sendiri memang diperuntukkan buat mahasiswa berprestasi tinggi, baik secara kurikuler atau ekstrakurikuler. Selain itu nggak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. Syaratnya sendiri terdiri dari berkas-berkas administrasi dan terkait persyaratan akademik serta prestasi, seperti IPK minimal 3,0, dan lain-lain. Info lengkap bisa langsung hubungi pihak kampus juga sob supaya lebih jelas.

3. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

Kementerian ini punya beasiswa unggulan nih, yakni beasiswa dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Program beasiswanya pun beragam, seperti Beasiswa Magister Doktor, Besiswa Afirmasi, Beasiswa Dokter Spesialis, Beasiswa Lanjutan, dan Beasiswa Tesis Disertasi. Perguruan Tinggi juga bisa kamu pilih di dalam atau luar negeri.

Leave a Reply