Ini Alasan Valve Hilangkan Steam Machine Dari Situsnya

Steam Machine

Belum lama ini Valve secara tiba-tiba menghilangkan Steam Machine dari situs resminya tanpa alasan yang jelas. Banyak orang memprediksi bahwa hal ini disebabkan karena minat player menurun akan “Console Steam”. Tetapi, kenyataannya malah berkata sebaliknya.

Melalui sebuah postingan resmi di Steam, Valve mengeluarkan sebuah klarifikasi atas menghilangnya Steam Machine dari situs mereka. Mereka mengatakan bahwa saat ini mereka sedang mengembangkan PC Gaming untuk Linux dan teknologi Vulkan.

Steam Machine tidak akan kemana-mana, karena visi kami untuk membuat open gaming platform tidak akan pernah berubah. Saat ini kami sedang mengembangkan Linux sebagai operating system yang baik untuk bermain game dan aplikasi lain (khususnya steam based, red). Melalui Steam Machine, kami belajar akan keadaan developer video game yang membuat gamenya untuk Linux di luar sana. Kami juga akan investasikan Vulkan sebagai graphics API yang sangat kompetitif dan pastikan bahwa Linux akan dapatkan support terbaik untuk Vulkan. – Pierre-Loup Griffais, Coder Valve

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Steam Machine saat ini masih memakai Steam OS, yang mana adalah operating system yang dibuat dengan Linux sebagai dasar aplikasinya.

Dengan adanya support yang diberikan untuk Vulkan, yakni API 3D graphic cross-platform, Valve secara tidak langsung memberikan support untuk Linux agar bisa bersaing dengan Windows dan DirectX dalam urusan bermain video game.

Leave a Reply