Ini Alasan Mengapa Buka Puasa Dengan Yang Manis

Buka Puasa

Setiap bulan ramadan, selalu diingatkan untuk mengawali buka puasa dengan makanan yang manis. Tidak heran, bila menjelang buka puasa, banyak jajanan sore yang manis-manis bisa kita jumpai di pinggir jalan, mulai dari kolak pisang, buah kurma, sampai air kelapa.

Lalu, apa alasannya? Melansir dari beberapa sumber, saat puasa, sistem metabolisme tubuh akan melambat. Alhasil, energi yang tersimpan pada saat sahur pun banyak yang hilang setelah sehari beraktivitas. Kemudian, hampir 14 jam lamanya, energi tersebut pun akan mulai hilang sehingga asupan minuman manis sangat penting.

Minuman dan makanan manis merupakan sumber kalori yang bisa diproses tubuh dengan cepat. Jadinya, energi yang hilang pun akan lebih mudah kembali sehingga stamina tubuh mulai bisa berangsur normal. Biasanya, rasa manis itu banyak diperoleh dari gula dan buah-buahan manis yang mengandung banyak air. Buah-buahan ini juga dapat menjaga cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Jadi, pastikan Anda memulai buka puasa dengan makanan dan minuman yang manis-manis. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi buah-buahan untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh, seperti apel, anggur, air kelapa muda, dan jambu biji.

Leave a Reply