Ini 9 Jenis Dari Minuman Kopi Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui

minuman kopi

Buat kalian yang masih sangat awam dengan minuman kopi, mungkin ada yang bingung ketika harus memesan di sebuah cafe. Rupanya ada banyak varian olahan kopi yang dicampur berbagai bahan. Apa saja? Ini dia.

1. Espresso

Espresso
Espresso

Berasal dari bahasa Italia yang artinya cepat, kopi ini dihasilkan dari mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso volumenya hanya sekitar 30-45 ml.

2. Americano

Americano
Americano

Buat kalian para pecinta drama korea pasti enggak asing dengan menu kopi satu ini, karena paling sering dipesan para pemain saat berkunjung ke cafe. Americano sendiri punya cita rasa yang kece gengs, dia adalah espresso yang dicampur air.

Kopi ini diidolakan orang-orang yang tak begitu cocok dengan sensasi strong espresso.

Sehingga konon katanya, nama Americano berasal dari ejekan untuk orang-orang Amerika yang minta kopi espresso mereka dibuat lebih encer. Tapi so far, kopi ini pas banget buat nyemil dan ngobrol sama temen.

3. Macchiato

Macchiato
Macchiato

Arti kata Macchiato adalah ditandai dengan bercak, maka kopi ini adalah campuran antara espresso dengan susu. Jadi rasanya unik gengs, kalian tinggal minta saja pada barista, banyakin susunya apa espresso. Kalau banyak susunya namanya jadi Espresso Latte.

4. Cappucino

Cappucino
Cappucino

Tak jauh beda dengan macchiato, ini adalah kopi dengan susu.

Takarannya dan cara penyajiannya yang berbeda, cappucino punya 1/3 susu yang harus dikocok hingga berbusa.

5. Flat White

Flat White
Flat White

Jenis minuman ini sedikit sama dengan latte, karena lagi-lagi ada kandungan susunya. Akan tetapi flat white memiliki kandungan susu yang harus di steam dulu.

Bisa dikatakan, flat white kandungan susunya jauh lebih sedikit dari cappucino. Konon bagi pecinta jenis kopi ini, orang akan tetap merasakan espresso-nya hanya saja ada sensasi rasa steam milk.

6. Mocha

Mocha
Mocha

Nah kalau sudah mocha tak cuma susu saja yang ikut campur, harus ada coklatnya. Karena ini adalah espresso dengan coklat dan susu.

7. Affogato

Affogato
Affogato

Sudah tak cukup susu dan coklat saja, kali ini ada es krim yang dapat dipadukan dengan kopi. Jadilah menu affogato.

8. Latte

Latte
Latte

Latte adalah espresso yang memiliki busa tipis di bagian atas. Perbandingannya hanya 2:1 saja.

9. Latte Macchiato

Latte Macchiato
Latte Macchiato

Varian kopi satu ini punya komposisi espresso banding susu 1:4. Sedang macchiato hanya 1:1 saja.

Leave a Reply