Ini 7 Tips Untuk Membuat Website Lebih Menarik Dan Keren

Membuat Website Lebih Menarik

Sudah tidak masanya lagi memiliki website yang sama atau mirip dengan website lain. Sejalan dengan cepatnya perubahan waktu, trend dalam internet marketing juga cepat berubah. Untuk berkomunikasi efektif dalam pasar yang berkembang, kamu harus dapat menciptakan suatu ide yang unik yang dapat diimplementasikan secara efektif. Ya, untuk keberlangsungan bisnis kamu, sangat penting untuk memiliki website yang menarik dan unik agar terlihat lebih profesional.

Kamu harus menawarkan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang membuat website kamu menonjol sehingga orang lain ingin mengunjungi website kamu dan mendapatkan kesan saat berada di website kamu (UX). Saat menjadi unik, website kamu juga harus memberikan value, jika kamu tidak ingin repot, sewalah seseorang yang profesional untuk membantu kamu membuat website terbaik untuk bisnis kamu.

Berikut ini Tips Untuk Membuat Website Lebih Menarik yang sedang marak di kalangan web designer dunia yang tentunya dapat membuat website kamu bisa menjadi lebih unik dan menarik.

1. Adaptive / Responsive Web Design

Didunia saat sekarang ini pendekatan yang paling penting untuk website adalah desain yang responsif. Hal ini akan memungkinkan website kamu untuk terlihat dan berfungsi dengan baik pada perangkat mobile, tablet, dan berbagai jenis komputer. Pendekatan mendasarnya terbatas pada 2 versi dari situs yang sama, yaitu mobile dan desktop, sedangkan fitur adaptif yang baru ini secara otomatis bisa sesuai dengan ukuran layar dan fungsi pada perangkat apapun.

2. Typography

Hari ini tipografi merupakan bagian penting dari desain web. Font Verdana dan Arial telah lama usang namun yang menggunakan masih sangat banyak. Sekarang menggunakan font yang unik dan desain kreatif sangat penting. Karena tipografi merupakana elemen penting dari setiap desain website, kamu perlu mempertimbangkan semua pilihan kamu dan cerdas dalam memilih font yang menarik.

Website seperti Google Fonts dan Typekit mungkin bisa membantu kamu dalam memilih font, sangat banyak pilihan disana. Tipografi adalah salah satu elemen penting untuk membuat website yang unik, jadi jangan mengabaikan trend dan kemudahan penggunaan font sekarang ini.

3. Fixed Menus & Content

Fixed Menu (menu dengan posisinya tetap ketika di scroll) dan konten yang tetap sudah menjadi trend yang sangat popular saat ini. Fungsi ini digunakan pada menu atau tombol, biasanya navigasi utama tetap berada pada posisinya ketika kamu menggulir halaman (scroll page). Hal ini meningkatkan kegunaan (usability) dari item navigasi atau tombol sosial media yang selalu tersedia di mana pun kamu berada pada halaman tertentu.

Sementara itu, teknologi Parallax juga dapat di implementasikan dalam desain web untuk menambah kedalaman dan membuat efek 3D. Parallax bekerja dengan baik para perangkat mobile. Parallax juga merupakan pilihan yang baik untuk website mikro.

4. Menghindari Desain Kompleks, Pilih Minimalis

Desain website Minimal membantu kamu menyingkirkan elemen situs yang tidak perlu. Sebuah desain sederhana namun kreatif namun cerdas dan biasanya lebih efektif dalam memberikan informasi rinci tanpa penghalang apapun. Membatasi warna dan teks dan hanya menciptakan tata letak yang unik dan cerdas yang merepresentasikan fitur inti dari website kamu tentu akan menambah nilai dari website, membuat website kamu tampil lebih tegas tanpa bertele-tele seperti kebanyakan website yanga ada saat ini.

5. Mulai Hindari Flash

Seperti kita ketahui, Adobe Flash digunakan untuk menjadi standar dalam membuat interaksi dan animasi di website. Itu dulu, Namun, CSS3, HTML5 dan Javascript saat ini menjadi pilihan yang lebih cerdas untuk memberikan website kamu pengalaman yang lebih dinamis. Jadi jika kamu ingin menambahkan animasi ke website kamu, cari di google dan pasti kamu akan menemukan plugin-plugin javascript/jquery yang bisa membatu kamu membuat fungsionalitas lebih untuk itu.

6. Background Full Page dan Kualitas Gambar

Menggunakan halaman latar belakang yang penuh dapat memberikan audiens kamu pengalaman memandang yang lebih baik. Menggunakan gambar berkualitas tinggi dan karya seni tidak diragukan lagi bisa membuat website kamu menjadi tempat yang meyenangkan untuk mata. Pengorganisasian yang cerdas dan gambar yang otentik dalam galeri dan portfolio kamu juga akan memperkaya nilai website kamu. Kedua setelah tipografi, gambar yang berkualitas tinggi sangatlah penting untuk membuat sebuah website yang dirangcang dengan baik dan unik.

Selanjutnya, skeumorphism adalah trend yang efektif membuat kesan mengunjungi website menjadi seperti pengalaman dunia nyata. Skeumorph membuat gambar terlihat persis seperti benda nyata. jadi, apapun produk kamu, menggunakan skeumorphism akan menambahkan hingga membuat pengalaman online yang lebih realistis.

7. Presentasi Video

Video di website kamu, jika dilakukan dengan benar, tentu akan memberikan pengunjung kamu pengalaman yang lebih baik. Membuat video yang pendek, unik dan menarik adalah cara yang bagus untuk menyajikan konten dari pada memaksa pengunjung untuk membaca konten di website kamu. Video ini kadang dapat berkomunikasi guna memberikan informasi dengan pengunjung lebih baik dibanding dengan yang dilakukan oleh teks, sehingga ini dapat menambah nilai lebih pada website kamu. Menaruh video pendek pada background juga sangat indah dilihat.

Leave a Reply