Ini 7 Manfaat Dari Konsumsi Buah Berwarna Merah

Buah Berwarna Merah

Buah berwarna merah lebih terkonsentrasi pada nutrisi. Warna merah cerah pada buah dan sayuran membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi bagi tubuh. Selain itu, buah warna merah juga kaya serat dan antioksidan kuat

Seluruh makanan berwarna merah secara alami adalah makanan rendah kalori dan sodium. Kandungan karotenoid berupa likopen dalam buah warna merah terbukti membantu melindungi tubuh dari kanker seperti kanker paru-paru, payudara, dan kulit.

Menurut National Cancer Institute, 95 persen orang dewasa kurang mengonsumsi buah warna merah dan oranye, seperti dilansir dari laman Boldsky, Selasa (28/8/2018). Berikut beberapa buah merah dengan kandungan baik.

1. Tomat merah

Tomat dianggap sebagai buah dengan kandungan likopen paling tinggi yang dapat membantu melawan kanker prostat, kanker kerongkongan, dan kanker usus besar. Selain dimakan langsung, manfaat bisa didapat dari sup, rabus, dan saus tomat.

2. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu sumber folat, potasium, dan vitamin C. Vitamin C sebagai pembangkit antioksidan yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kolestrol jahat.

3. Ceri

Warna merah tua pada ceri dihasilkan dari kandungan antosianin di dalamnya. Zat ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat mempercepat penuan dan menyebabkan kerusakan sel.

4. Paprika merah

Paprika merah adalah pilihan yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Paprika mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B dan C serta mengandung folat.

5. Semangka

Semangka adalah sumber likopen yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan menurunkan kolesterol jahat. Buah berwarna merah mengurangi risiko kanker prostat dan degenerasi makula.

6. Apel merah

Apel merah kaya akan antioksidan, serat, dan flavonoid. Antioksidan memainkan peran kunci dalam mengurangi risiko terkena kanker, diabetes, hipertensi dan penyakit jantung.

7. Buah delima

Buah delima kaya akan antioksidan yang membantu mencegah kanker, terutama kanker prostat. Ini mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh dan mencegah stres oksidatif dan kerusakan.

Leave a Reply