Ini 5 Karakteristik Serta Ciri Dari Mimpi Yang Dialami Manusia

Mimpi

Setiap orang umumnya pernah bermimpi saat tidur, baik itu mimpi indah ataupun mimpi buruk. Mimpi atau yang sering disebut dengan bunga tidur, memiliki berbagai karakteristik unik yang sering menimbulkan pertanyaan akan kebenarannya. Dari beragam keunikan dan ciri mimpi yang khas itu, pernahkah kamu mengalaminya salah satunya?

1. Mimpi sulit diingat

Meski mimpi hampir sering kali terjadi saat sedang tidur, namun apakah kamu selalu mampu mengingat mimpi apa yang kamu alami semalam? Ya, sebagian besar orang kesulitan dalam mengingat mimpi setelah bangun tidur – walaupun mimpi yang terjadi tergolong mimpi indah.

Bahkan terkadang, meskipun kamu masih bisa meraba-raba alur mimpi tersebut, biasanya hanya sedikit potongan-potongan mimpi atau hanya bagian tertentu saja yang dapat kamu ingat.

Peneliti pun memperkirakan ada sekitar 95 persen bagian dari mimpi yang sulit untuk diingat saat kamu terbangun. Itu artinya, hanya sebagian kecil dari mimpi yang bisa kamu sadari.

2. Mimpi sering menimbulkan sensasi yang aneh

Rasanya tidak sedikit orang yang mengeluhkan sensasi aneh yang muncul saat sedang bermimpi. Misalnya saat mulai tertidur hingga semakin dekat menuju alam mimpi, tiba-tiba ada bahaya muncul sehingga tanpa sadar kamu merasa diri kamu terjatuh dari ketinggian. Seketika kamu terbangun kaget dan tidak mengetahui kelanjutan mimpi tersebut.

Atau pada “episode” mimpi lainnya, kamu digambarkan sedang terjebak dalam suatu kondisi yang menakutkan, dan parahnya saat itu kamu tidak kuasa untuk mengontrol gerakan tubuh untuk berjalan, berlari, maupun melakukan pertahanan diri lainnya. Ada apa ini?

Pada dasarnya, ciri mimpi ini termasuk hal yang umum dan tidak berbahaya. Kondisi ini kadang bisa dipicu oleh kelelahan, stres, hingga kurang tidur. Namun orang yang sehat pun banyak mengalami hal ini. Jika kamu mengalaminya kembali, cukup ambil napas dalam-dalam, rileks, dan cobalah untuk kembali tidur.

3. Mimpi biasanya tidak masuk akal

Mimpi umumnya penuh dengan beragam muatan rasa, baik senang, sedih, takut, hingga kadang menimbulkan hal yang aneh dan ambigu. Menurut J. Allan Hobson, seorang peneliti tidur sekaligus penulis buku The Dreaming Brain, berpendapat bahwa salah satu keunggulan mimpi yakni mimpi sering tidak masuk akal, serta tidak selalu sesuai dengan hukum alam yang melibatkan waktu, tempat, atau orang.

Ambil contoh, beberapa isi cerita dari mimpi biasanya tidak masuk akal, misalnya seseorang bisa terbang, terjatuh tanpa terluka, melakukan perjalanan waktu, melakukan percakapan dengan hewan, orang-orang terdekat yang telah meninggal bisa hidup kembali, berbagai macam orang bisa hadir dalam mimpi kamu, berubah menjadi orang yang berbeda, maupun hal-hal unik lainnya yang tidak mungkin terjadi di alam sadar kamu.

4. Mimpi sering menampilkan emosi yang kuat

Salah satu karakteristik mimpi yang mungkin tidak kamu sadari adalah emosi yang muncul di dalam mimpi bisa menjadi sangat kuat, akut, bahkan terasa begitu nyata. Pernahkah kamu merasa sedang mengalami suatu hal yang membuat kamu memikirkan hal tersebut setiap waktu sehingga kemudian perasaan itu hadir dalam mimpi kamu?

Menurut Sigmund Freud, seorang psikoanalis sekaligus penulis buku The Interpretation of Dreams, mengatakan bahwa isi mimpi sering berhubungan dengan keinginan si pemimpi. Itu sebabnya, mimpi yang terasa begitu nyata ataupun bayangan peristiwa yang muncul dalam mimpi, berperan untuk mengungkapkan keinginan yang secara tidak sadar dimiliki oleh si pemimpi.

5. Mimpi yang aneh selalu bisa diterima

Faktanya, bagaimanapun alur cerita yang disajikan dalam mimpi, tapi kita selalu bisa menerima mimpi tersebut. Ya, meskipun aneh dan tergolong tidak masuk akal, nyatanya pikiran kita tidak pernah mampu menolak kehadiran mimpi.

Mengapa bisa begitu? Menurut Hobson, penyebabnya adalah karena adanya kekuatan emosi dan persepsi yang dihasilkan dari dalam diri kamu. Selama bermimpi, mungkin akan muncul kejadian-kejadian aneh, tidak logis, maupun orang dan benda-benda yang terlihat tidak biasa.

Jika kamu kemudian mengingat mimpi tersebut saat bangun, bisa saja kamu berpikir kalau mimpi tersebut cenderung aneh. Namun tetap saja, saat tidur kamu akan selalu menerima bagaimanapun jalan cerita dari mimpi tersebut.

Leave a Reply