Ini 5 Cara Mudah Dalam Merawat Rambut Berwarna

Rambut Berwarna

Ada sedikit konsekuensi kalau kita cewek-cewek Asia yang biasanya punya rambut bertekstur tebal dan keras ini ingin mewarnai rambut. Kalau nggak hati-hati, rambut kita bisa jadi kayak jerami diwarnain. Untuk rambut berwarna memang berarti kamu harus memberi mahkota kamu ini cinta dan biaya ekstra. Itu juga kalau kamu mau rambutmu tetap oke dan sehat saat diwarnai. Siap? Lihat di sini yuk beberapa tipsnya!

1. Pilih hairstylist seperti memilih pacar

Sekarang kamu harus lebih hati-hati dalam memilih hair stylist. Hair stylist yang oke akan membuat hidup kamu (dan rambut diwarnaimu) lebih mudah. Kebanyakan salon rambut yang bereputasi oke akan memungkinkan kamu untuk memiliki konsultasi gratis sebelumnya, jadi luangkan waktu kamu untuk memilih hair stylist yang paling cocok, layaknya memilih pacar. Lalu, kamu harus 100% jujur dengan dia  soal rambut kamu – beri tahu dia soal keadaan rambut kamu yang sebenarnya. jadi dia bakal tahu rambut seperti apa yang lagi mereka tangani.

2. Jangan sering-sering cuci rambut

Setelah kamu selesai menata rambut, kamu harus menunggu selama mungkin untuk pencucian pertama untuk membiarkan warnanya nge-set di rambut. Tunggu deh selama 3-4 hari setelah diwarnai, tetapi tetap periksalah dengan hair stylist kamu untuk jenis rambut kamu ya. Kalau kamu ngerasa rambut kamu cepat lepek kalau nggak dicuci, coba cari bantuan dari dry shampoo. Dry shampoo akan membantu menyerap minyak dari rambut kamu. Dan juga, kamu perlu menahan diri dari menyentuh rambut kamu dengan tangan untuk menghindari kulit kepala berminyak.

3. Beat the heat!

Cara cepat untuk membuat warna rambut kamu yang oke supaya cepat pudar adalah dengan menggunakan panas. Misalnya, mencuci rambut dengan air panas. Air panas membuka kutikula rambut kamu dan membilas warnanya. Jadi, jangan dilakukan ya. Kalau kamu nggak suka mandi dengan air dingin, coba deh cuci rambut kamu dengan air dingin terlebih dahulu, lalu pakai shower cap dan kemudian lanjut mandi pada suhu yang lebih nyaman. Kalau kamu  akan menggunakan alat berpemanas untuk styling, pastikan juga kamu menggunakan primer rambut.

4. Use hair toned product

Sesungguhnya, nggak ada satu pun “produk ajaib” yang bisa mencegah warna rambut kamu memudar sepenuhnya. Tapi minimal kamu perlu memilih produk-produk yang memang khusus merawat rambut kamu yang berwarna supaya mereka bisa bahu membahu mempertahankan warna rambut. Jadi, kamu bisa kombinasikan beberapa produk yang menurutmu oke.

 

5. Berikan rambut kamu semua cinta dan perhatian yang dibutuhkan

Terlepas dari apa yang telah kamu lakukan ke rambut, pada akhirnya, dengan kamu mewarnai itu sama artinya dengan telah merusak. Pastikan untuk menghindari produk-produk rambut dengan sulfat, dan tahan untuk berenang di air dengan klorin. Carilah sampo dan kondisioner yang benar-benar akan memulihkan dan memperbaiki rambut kamu. Kalau kamu nggak punya waktu untuk perawatan mewah, setidaknya pakai satu atau dua kali seminggu massage rambut dengan minyak kelapa atau minyak argan.

Leave a Reply