Ini 14 Inspirasi Untuk Nama Anak Dari Bahasa Sansekerta

Bahasa Sansekerta

Arti nama itu penting lho! Tidak sekadar keren mentereng, tapi sebuah nama sewajarnya juga mengandung doa dan harapan untuk sang pemilik nama. Nah, sebenarnya dari mana ya inspirasi para orangtua dalam membuat nama? Pastinya sangat beragam. Mulai dari bahasa Inggris, Arab, atau Jawa. Dan yang sekarang sedang sering digunakan adalah nama dari bahasa Sansekerta.

Bahasa Sansekerta adalah salah satu bahasa Indo-Eropa yang paling tua dan sering disebut sebagai bahasa klasik India. Di Indonesia sendiri, bahasa Sansekerta mulai masuk di era kerajaan Hindu. Bahasa Sansekerta yang memang kuno dan klasik, tapi tetap bisa lho menjadi inspirasi kalian dalam merangkai nama-nama keren penuh arti seperti di bawah ini.

1. Barya Kapila

Barya berarti putri dan kapila berarti merah muda. Secara sederhana, nama tersebut bisa diartikan sebagai anak perempuan berkulit kemerahan. Namun Barya Kapila jika diartikan lebih dalam bisa berarti anak perempuan yang feminin dan lemah lembut.

2. Amreta Tisna

Ada yang bisa tebak makna nama ini? Dalam bahasa Sansekerta, amreta berarti air kehidupan dan tisna berarti kasih sayang. Jika diartikan, Amreta Tisna seperti sumber mata air yang mendatangkan kasih sayang.

Sang pemilik nama diharapkan akan menjadi penyejuk bagi sesamanya melalui pribadinya yang penuh dengan kasih sayang. Wah, Amreta Tisna bisa jadi aktivis penggiat asosiasi sosial nih!

3. Inggita Wimala

Kalau dari ilustrasi gambar, apa ya kira-kira makna nama Inggita Wimala? Inggita dan wimala masing-masing bermakna tingkah laku dan suci. Nama Inggita Wimalamengandung doa dan harapan agar pemilik nama menjadi pribadi yang baik tingkah lakunya dan jauh dari perilaku-perilaku tercela.

4. Suraduhita Sranti

Hayo, susah tidak guys pelafalan nama yang satu ini? Suraduhita seperti digambarkan dalam ilustrasi berarti bidadari, sedangkan sranti bermakna sabar. Nama yang satu ini menunjukkan pribadi seorang wanita yang penuh dengan kesabaran. Wah ternyata meski namanya terkesan ribet, makna namanya indah banget ya guys.

5. Sembagi Arutala

Siapa yang berkeinginan tinggi dan pantang menyerah? Nah, karakter itu cocok untuk mendapat nama Sembagi Arutala yang secara berurutan memiliki arti cita-cita dan rembulan.

Nama Sembagi Arutala dimaknai sebagai seseorang yang memiliki cita-cita tinggi dan mulia seperti rembulan. Rembulan yang digambarkan sebagai pelita di tengah gelapnya malam menunjukkan wujud cita-cita yang baik untuk sesama.

6. Gatra Supraba

Ada yang ingin jadi model tidak guys? Nama Gatra Supraba cocok nih untuk sosok model atau seseorang yang terjun di dunia entertainment. Bukan tanpa alasan, karena gatra berarti wajah dan supraba berarti bercahaya. Tidak hanya untuk kaum hawa, nama Gama Gatra Supraba ini juga cocok kok untuk kaum adam.

7. Srawa Asmaralaya

Coba yang punya suara merdu mana suaranya? Yup! Nama Srawa Asmaralaya ini memang berarti suara yang indah. Secara bahasa, srawa bermakna suara dan asmaralaya bermakna surga. Kombinasi keduanya bermaksud menunjukkan suara yang sungguh indah dan mampu menyentuh hingga ke dalam jiwa. Wah keren ya!

8. Grahita Sembrani

Dari ilustrasi gambar sudah jelas kan guys apa makna nama Grahita Sembrani? Grahita berarti perasaan dan sembrani berarti berani. Seseorang dengan nama Grahita Sembrani mengandung makna sosok yang pemberani. Jika diibaratkan doa, pemilik nama diharapkan menjadi sosok yang berani seperti seorang kesatria.

9. Padma Gayatri

Kalian pernah mendengar nama Padma Patil tidak dalam serial penyihir Harry Potter? Nah, rupanya, dalam bahasa Sansekerta, Padma berarti teratai. Gayatri sendiri berarti cantik. Lalu apa sih filosofi bunga teratai? Teratai tumbuh di lingkungan yang berlumpur dan cenderung kotor, namun tentu saja bunga teratai tetap terlihat cantik dan anggun. Padma Gayatri dimaknai sebagai sosok yang anggun dan berbahagia dalam menjalani hidup.

10. Trenggana Sumapala

Trenggana Sumapala dalam bahasa Sansekerta berarti bintang yang rendah hati. Maksud dari nama ini adalah harapan untuk sang pemilik nama agar menjadi sosok yang besar dan bersinar namun tetap rendah hati kepada sesama. Sukses tapi baik hati memang sosok idaman kan guys?

11. Drestanta Tiyasa

Wih, kalau dari ilustrasi gambar sih sudah jelas ya nama yang satu ini ada hubungannya dengan kecerdasan. Drestanta berarti panutan atau teladan, sedangkan tiyasa berarti pandai atau cerdas. Keren kan jika si pemlik nama Drestanta Tiyasa adalah sosok yang pandai dan dapat menjadi teladan bagi sesamanya sesuai arti namanya?

12. Subasita Wasistha

Subasita diartikan sebagai bentuk perilaku dan wasistha berarti kebijaksanaan. Kombinasi keduanya menjadi sebuah nama dapat diartikan sebagai harapan akan sosok yang dapat berperilaku bijaksana. Mungkin si Subasita Wasistha ini cocok menjadi hakim ya guys.

13. Kanigara Banu

Guys, nama yang satu ini punya arti yang sangat bagus lho! Kanigara memiliki arti mahkota dan banu berarti pemimpin. Nama Kanigara Banu menggambarkan sosok pemimpin yang berwibawa. Keren ya!

14. Ernama Saraswati

Ernama Saraswati berarti samudra ilmu. Pemberian nama ini bisa mengandung doa agar Ernama Saraswati menjadi sosok yang berwawasan luas sepanjang hidupnya dengan harapan dapat mengamalkan dan membagikan ilmunya kepada sesama. Para calon guru besar atau ilmuwan bisa nih diberikan nama yang cantik ini.

Leave a Reply