Ingin Tidurmu Lebih Nyenyak? Lakukan Ini 30 Menit Saat Malam Hari

Tidur yang cukup adalah kebutuhan setiap orang. Meski sering diabaikan, tapi ketika orang kurang tidur, akan ada efek langsung yang bisa dirasakan mengganggu kesehatan fisik maupun mental.

Beberapa orang mungkin masih ada yang minum obat tidur untuk membantu cepat tidur yang pulas, tapi ternyata ada alternatif lebih sehat untuk mendapat tidur nyenyak, yaitu dengan olahraga. Michael J. Breus, Ph.D. mengatakan dalam MindBodyGreen,

“Jika kamu ingin memilih satu cara untuk bisa membuatmu tidur nyenyak malam hari, maka olahraga lah aerobik 30 menit.”

“Pada kenyataannya, olahraga bisa meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan durasi tidur, menurunkan kecemasan dan stres, juga membantu orang insomnia atau masalah susah tidur lainnya.”

Ia menjelaskan bahwa aktivitas fisik tidak hanya bisa meningkatkan waktu tidur dan membuat tidur lebih nyenyak, tapi juga bisa meningkatkan fungsi imun tubuh, kesehatan jantung, dan mengendalikan tingkat stres serta kecemasan.

National Institute of Health dan American Heart Association merekomendasikan olahraga 150 menit per minggu atau 30 menit per hari untuk mendapatkan tidur nyenyak di malam hari sekaligus menjaga kesehatan secara umum.

Secara umum, olahraga membantu menguras energimu hingga kamu merasa lelah dan ketika tubuh sudah sangat lelah, makan kamu juga akan lebih cepat tidur terlelap dan mendapatkan istirahat yang optimal hingga esok paginya. Jadi, olahragalah 30 menit sebelum tidur agar tidur nyenyak dan bangun dengan segar paginya.

Leave a Reply