Ingin Bekerja Di Perusahaan Start-Up? Bekali Dirimu Dengan Skill Ini!

Bekerja di perusahaan baru yang bergerak di bidang kreatif sepertinya memang menyenangkan. Karena kamu bisa menggali dan mengembangkan banyak hal. Nggak hanya itu, beberapa keahlian wajib kamu kuasai. Bukan hanya modal selalu ingin belajar hal baru, konsisten, dan sabar saja yang perlu diterapkan. Lima skill ini bisa menjadi kunci sukses kerja disana, tetapi bukan tuntutan yang wajib sekali hanya sebagai bekal dirimu dalam membantu memajukan perusahaan.

1. Keahlian SEO

Kalau kamu lihat lowongan pekerjaan beberapa perusahaan startup, kualifikasi mereka adalah memahami SEO. Memang bagian daripada pemasaran agar konsumen lebih mudah menemukan perusahaanmu. Tugasnya untuk memastikan perusahaan muncul di halaman pertama pada mesin pencari kalau konsumen membutuhkan sesuatu dan mencarinya dengan memanfaatkan internet. Apapun konten dan bidang yang sedang dikerjakan menyertakan SEO adalah hal wajib bagi perusahaan yang seperti ini.

2. Pemasaran

Perusahaan yang bergerak pada jenis ini memang fokus pada konsumen maupun pembaca. Bagi para generasi muda boleh dikatakan kurang tertarik untuk menggeluti bidang pemasaran. Padahal, setiap perusahaan maupun perorangan butuh keahlian ini. Padahal untuk bisa di perusahaan ini, keahlian ini ditambah dengan komunikasi bisa menjadi kunci utama. Memang terlihat susah, tapi kamu punya tim yang sama-sama menjalankan target. Ini salah satu bidang untuk keluar dari zona nyaman.

3. Analisis data

Penting sekali untuk melakukan analisa perkembangan perusahaan dan hubungan dengan konsumen. Pendataan ini dilakukan bukan asal mendata, tapi mereka ingin tahu apakah produk atau jasa yang disediakan sampai kepada konsumen dan berkelanjutan. Apakah peringkat dan kunjungan di situs sebagai perwakilan atau wadah dari perusahaan sudah memenuhi target. Intinya, bergelut dengan bidang teknologi sebagai dasar memang harus bermain dengan data.

4. Kemampuan memecahkan masalah

Setelah menganalisa data, pekerjaan nggak berhenti di situ. Pasti ada beberapa evaluasi dan perbaikan demi memberikan sesuatu yang lebih baik. Tugas ini bukan hanya untuk satu tim saja, melainkan setiap divisi wajib memberikan masukan dan solusinya. Bekerja di perusahaan startup memang rentan sekali terkena permasalahan dan wajib ada hal baru setiap harinya. Hindari untuk bersikap cuek karena alasan yang sepele. Sebab, kamu harus bertoleransi terhadap tekanan dan stres.

5. Teknologi informasi

Bidang teknologi informasi juga sangat dibutuhkan dalam perusahaan start-up. Ini dikarenakan perusahaan dengan model startup sangat mengandalkan teknologi infornasi dan jaringan internet. Aplikasi iOS maupun Android wajib kamu kuasai kalau bidang keahlianmu disini. Serta menjaga tampilan situs perusahaan agar selalu aman dan menarik. Kalau bisa menguasai desain visual dan grafis bisa menjadi nilai tambah juga.

Leave a Reply