Ingat, Selama Kuliah Kamu Harus mendapatkan Soft Skills Ini!

Apa sih tujuan kamu berkuliah? Pasti mayoritas dari kamu akan menjawab untuk menuntut ilmu sehingga bisa mendapatkan pekerjaan impian dengan mudah. Well, dalam dunia kerja, pintar saja tidak cukup, lho. Dibutuhkan kemampuan lain untuk mendukung pekerjaanmu nanti. Apalagi, di era sekarang dengan persaingan yang semakin ketat, keseimbangan antara hard skill dan soft skill sangat penting untuk kamu miliki.

Nah, segala kegiatan di kelas selama kuliah dapat membantumu mengembangkan soft skill, lho. Yuk, kuasai tujuh soft skill berikut untuk menjadi anak muda berpendidikan tinggi dengan karakter kuat!

1. Manajemen waktu

Banyaknya tugas dan jadwal kuliah yang padat, menuntutmu untuk lebih pandai membagi waktu. Mungkin kamu akan merasa kesal dan stres saat menghadapi tugas-tugas yang diberikan oleh dosen mempunyai tenggat waktu bersamaan. Namun, kondisi ini melatih kamu untuk memiliki kemampuan manajemen waktu, lho. Manajemen waktu itu sangat penting untuk menciptakan hidup yang seimbang dan bahagia. Selain itu, soft skill ini penting dalam dunia kerja agar kamu tidak merasa kesulitan saat menyesuaikan diri.

2. Bekerja dalam tim

Nah, skill yang satu ini wajib banget kamu miliki di manapun nantinya kamu bekerja. Baik itu di perusahaan besar ataupun jika kamu ingin menjadi pengusaha. Nantinya, saat membangun bisnis, kamu diharuskan untuk mencapai tujuan bersama dengan orang yang mempunyai perbedaan denganmu. Saat bekerja dalam tim, kesuksesan tim bergantung pada kinerja masing-masing anggota. Maka dari itu, jangan bosan-bosan mengerjakan tugas kelompok dari dosen ya.

3. Kemampuan berbicara di depan umum

Sering mendapat tugas presentasi? Kemampuan berbicara di depan umum sangat kamu butuhkan di dunia kerja. Jadi, jangan malu atau malas berbicara ya saat sedang presentasi bersama dengan teman sekolompok. Sayang kan jika kuliahmu bertahun-tahun tidak berhasil membuatmu berani berbicara di depan umum. Sebagai mahasiswa, kamu juga harus rajin bergabung dalam organisasi agar dapat mengembangkan skill berbicara di depan umum.

4. Multitasker

Mungkin banyak dari kamu yang merasa bingung saat mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Namun, banyaknya tugas dan kegiatan organisasi yang kamu kerjakan dapat melatihmu menjadi seorang multitasker, lho. Kamu bisa jadi orang yang terbiasa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Nah, kemampuan ini tentu akan sangat berguna di dunia kerja. Kamu tidak akan kesulitan dan tidak akan menyerah dengan banyaknya pekerjaanmu nantinya.

5. Diplomasi

Bangku kuliah dapat menjadi salah satu tempat yang baik untuk mengasah kemampuan diplomasi yang kamu miliki. Saat kuliah, kamu akan diberikan ruang yang cukup untuk terus berargumen. Bisa dilakukan saat kegiatan belajar mengajar, presentasi, diskusi, dalam berorganisasi, dan sebagainya. Kemampuan ini sangat berguna saat nanti kamu memasuki dunia bisnis. Kamu bisa dengan mudah meyakinkan orang lain, dan orang lain juga bisa lebih menghargai pendapatmu.

6. Menghargai orang lain

Untuk apa mempunyai ilmu setinggi langit tapi tidak tahu bagaimana caranya menghargai orang lain. Nah, saat kuliah kamu juga harus bisa belajar mengenai etika dan moral sosial dalam lingkungan. Saat kerja nanti atau di manapun kamu berada, kamu harus paham mengenai ilmu etika dan tata krama. Apa gunanya pintar, tapi tidak bisa menghargai orang lain?

7. Kemampuan beradaptasi

Kuliah dapat menjadi sarana yang tepat untukmu mengasah kemampuan beradaptasi dan bertahan hidup sendiri. Bagi kamu yang merantau, kamu dituntut untuk bisa menyesuaikan diri di lingkungan yang asing bagimu. Nah, kemampuan beradaptasi ini sangat penting untuk kamu miliki saat membangun karir. Kamu harus memiliki fleksibilitas yang dibutuhkan perusahaan untuk terus tumbuh.

Leave a Reply