Ilmuwan Rilis 4 Tipe Kepribadian Terbaru, Apa Saja?

Tipe Kepribadian

Awalnya, tipe kepribadian dibedakan menjadi 5 jenis. Namun, ada penelitian yang mengungkapkan 4 jenis kepribadian terbaru. Mengetahui kepribadian merupakan satu cara mengenali diri sendiri.

Pembahasan mengenai tipe-tipe kepribadian manusia pun cukup menarik. Tak heran, banyak buku yang mengupas tentang tipe kepribadian. Sejumlah peneliti juga telah mengungkapkan beberapa tipe kepribadian yang dimiliki manusia.

Pada awalnya, kepribadian ditetapkan menjadi lima tipe. Yakni, Neuroticism (pengendalian emosi), Extraversion (ekstraversi), Openness (keterbukaan), Agreebleness (keramahan), dan Conscientiousness (ketelitian).

Namun, beberapa waktu lalu, ilmuwan menetapkan empat jenis kepribadian baru. Yakni, Average (rata-rata), Reserved (pendiam), Self-centered (egois), dan Role Model (teladan). Lalu, seperti apa sih ciri-ciri umum dari empat tipe kepribadian ini?

1. Average (rata-rata)

Orang yang masuk ke dalam kelompok ini biasanya seorang ekstrovert. Mereka bisa menahan tekanan dan stres yang tinggi. Namun, orang tipe ini pada umumnya bersifat sosial tinggi dan menyenangkan, tetapi tidak terlalu suka mencoba hal-hal baru.

2. Reserved (pendiam)

Orang di kelompok ini tidak terlalu ekstrovert. Mereka biasanya ramah, teliri, dan stabil emosinya. Namun, mereka tidak terlalu terbuka.

Selain itu, orang tipe ini tidak terlalu suka menjadi sorotan dan cenderung tidak terlalu terbuka untuk ide-ide baru.

3. Self-centered (egois)

Orang yang masuk kelompok ini biasanya memiliki sikap yang sangat terbuka. Namun, mereka tidak terlalu ramah dan kurang teliti. Self-centered digambarkan sebagai oposisi dari karakter role model.

Meski sifatnya bisa juga santai, orang tipe self-centered cenderung moody (suasana hatinya kerap berubah-ubah). Namun, ada penelitian yang menemukan, karakter self-centered cenderung menurun seiring usia bertambah.

4. Role Model (teladan)

Kalau orang yang masuk ke dalam kelompok ini biasanya punya sikap sangat terbuka dan ramah. Mereka juga teliti.

Disebut sebagai role model, karena ciri-ciri kepribadian orang ini sangat bermanfaat secara sosial. Seringkali orang tipe role model dapat diandalkan dalam melakukan berbagai macam hal.

Leave a Reply