Ikuti 10 Tips Ini Agar Tidak Sakit Karena Bermain Game

Bermain Game

Buat kamu yang suka bermain game lama, kamu perlu waspada. Meski cuma duduk dan gak banyak gerak, masalah kesehatan juga bisa menyerangmu lho. Buat menghindarinya, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Makan makanan bernutrisi

Kalau sudah asyik main, gak jarang kamu bakal lupa waktu, termasuk buat makan. Meski gak seberat aktivitas fisik, namun otakmu juga butuh nutrisi lho. Sering juga kan kalau kamu mikir berat buat main game. Itu juga bakal ngefek ke fisikmu. Karena itu, makanlah makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Jangan lupa sediakan kudapan sehat juga, seperti kacang dan gandum.

2. Sediakan minuman di dekatmu

Kalau sudah asyik main, bawaannya pasti mager. Makanya, sediakan air putih di dekatmu biar bisa kamu minum kalau game lagi loading.

3. Pemanasan sebelum main game

Serius? Yap. Sama kayak mau olahraga, kamu pun perlu pemanasan. Meski begitu, gak berat-berat kok. Kamu bisa lari-lari kecil atau berjalan. Ini diperlukan kalau kamu bakal main dalam jangka waktu lama.

4. Atur juga kecerahan layar game

Pastikan layar game kamu gak terlalu menyilaukan. Hindari paparan sinar lain seperti matahari atau lampu yang berlebih. Namun, kamu jangan main di tempat gelap ya.

5. Pastikan postur tubuhmu baik saat duduk

Saat duduk, pastikan posisimu nyaman dan sesuai. Kalau bisa, duduklah di kursi yang memiliki sandaran pendukung postur tubuh.

6. Bisa juga dengan memakai meja berdiri

Karena duduk terlalu lama gak baik, kamu bisa pakai meja berdiri. Ya, dengan begitu kamu juga bisa bergerak lebih leluasa.

7. Istirahatkan tubuh dan matamu

Diam doang gak baik buat tubuhmu. Jadi, sediakan waktu barang sebentar buat istirahat, rileks, peregangan otot, dan jalan-jalan. Istirahatlah 15 menit setiap jam kamu main. Sementara, untuk matamu, lihatlah objek jauh berwarna selama kurang lebih 20 detik setiap 30 menit main.

8. Lihat jam!

Meski kamu punya kontrol atas waktu luangmu, gak bijak kalau kamu main game terus-terusan. Taruh jam di dekatmu agar kamu tahu sudah berapa lama kamu main. Kamu juga perlu melakukan aktivitas lain lho.

9. Lakukan aktivitas fisik saat game loading

Kurangnya aktivitas fisik saat main game, menuntutmu buat gerak juga. Jadi, daripada bosan nunggu game loading, kamu bisa nyambi push-up, sit-up, atau sekadar joget.

10. Mengendalikan amarah

Kadang mungkin kamu main game yang susah bukan main. Biar gak stres, kamu bisa latihan atur napas dan berlatih agar tetap rileks.

Leave a Reply