Ibu Ini Memberikan ‘Pelajaran’ Kepada Pencuri Sepeda Anaknya

Seorang ibu di Skotlandia bernama Vonnie Sandlan, tak tega melihat putranya terus murung setelah kehilangan sepeda. Dia melaporkan persoalan ini kepada polisi, tetapi cukup lama kasusnya tidak mencapai kemajuan apa pun.

Sandlan pikir, “Ah… mungkin para polisi punya kasus lain yang lebih penting untuk ditangani.”

Oleh karena itu, dia memutuskan untuk melacak sendiri keberadaan sepeda tersebut.

Setelah mencari-cari di situs penjualan daring, dia menemukan sepeda yang diyakini milik putranya yang berusia 16 tahun. Sandlan kemudian memakai kesempatan ini dengan pura-pura menjadi pembeli. Dia lantas mengatur pertemuan dengan maling itu.

“Anak itu datang dan membawa sepeda curiannya ke hadapan kami. Saya membalasnya dengan senyuman lebar, lalu meletakkan tangan saya di atas sepeda tersebut,” tutur Sandlan.

Sandlan menyapa pemuda tersebut dengan ucapan terima kasih. “Terima kasih banyak karena sudah mau datang menemui kami di hari yang menyedihkan ini. Kami bisa saja mendatangi rumahmu,” katanya.

Sambil bicara, Sandlan menelusuri kerangka sepeda itu dan memeriksa nomor serinya. Dugaannya tepat, itu memang sepeda putranya. Tanpa basa-basi, Sandlan membongkar penyamarannya.

 

“Ini sepeda saya, bukan punyamu,” tegurnya dan langsung membuat pencuri itu menangis. Sandlan tidak melaporkan pencuri itu ke pihak berwajib. Dia hanya bisa menasihati agar pemuda itu tidak mengulangi lagi perbuatannya dan menjadikan momen ini pelajaran untuk memulai kehidupan baru yang lebih baik.

“Kau tahu, jika sekolah tidak cocok denganmu, kau tetap harus memikirkan kuliah atau kursus atau melakukan sesuatu. Berhenti mencuri karena itu akan membawamu ke dalam masalah. Kau bisa berakhir di Barlinnie (penjara di Glasgow),” sambungnya.

BBC mencoba menghubungi polisi untuk meminta tanggapan mereka soal kasus ini. Seorang juru bicara kepolisian mengusulkan agar warga, “Selalu membuat panggilan darurat 101 dalam situasi seperti ini. Beri tahu kami apa yang terjadi dan biarkan kami yang menanganinya langsung.”

Leave a Reply