Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur Agar Tidak Cepat Haus

Cepat Haus

Siapa nih yang sudah membuat daftar menu sahur untuk sebulan penuh? Menyambut bulan Ramadhan harus semangat dong, biar ibadah juga makin khusyuk. Buat kamu yang tetap sibuk beraktivitas di bulan puasa nanti, membuat daftar rancangan menu akan sangat membantu.

Nah, sekarang coba cek lagi daftar yang sudah kamu buat. Adakah lima makanan ini di dalamnya? Awas, bisa bikin cepat haus lho!

1. Makanan bersantan atau tinggi kadar minyak

Kuliner Indonesia banyak yang diolah dengan menggunakan santan. Cita rasanya memang jadi lebih gurih dan lezat, tapi sebaiknya kamu kurangi porsinya di bulan puasa nanti. Menyantap masakan bersantan saat sahur bisa membuatmu cepat merasa haus.

Tingginya kadar minyak dalam makanan membuat tenggorokan dan lambung kurang nyaman. Selain itu, bisa menambah kadar kolesterol jahat di tubuhmu. Sesekali boleh lah, lagian siapa yang bisa menolak sih santap sahur dengan sepiring nasi hangat plus gulai ayam atau rendang daging?

2. Meski doyan pedas, pertimbangkan jumlah konsumsinya

Sama seperti makanan bersantan, kudapan pedas juga bisa bikin cepat haus. Apalagi kalau rasa pedasnya bertahan lama di mulut dan lambung. Keinginan untuk minum pasti meningkat.

Padahal, makan makanan pedas itu nikmat banget ya. Bikin lahap, hawanya ingin nambah lagi dan lagi. Selama bulan puasa, batasi konsumsi makanan pedas baik saat sahur maupun berbuka. Apalagi waktu sahur, karena kamu bisa dehidrasi di siang hari. Belum lagi potensi sakit perut, yang sama saja akan menguras cairan di tubuhmu karena sering buang air.

3. Masakan dengan bumbu kuat atau terlalu asin

Makanan bersantan, pedas, dengan bumbu kuat yang gurih menggoda. Wah, sulit rasanya menolak santapan yang seperti ini! Tapi ingat, kamu akan berpuasa seharian di mana gak bisa makan dan minum seenaknya sebelum waktu berbuka. Mengonsumsi masakan yang terlalu asin atau bercita rasa kuat bisa membuatmu cepat haus.

Tenggorokanmu akan terasa seret, seperti gatal dan kering. Sensasi seperti ini biasanya muncul setelah makan keripik berbumbu atau gorengan. Bikin pengin minum terus kan? Awas puasanya gak kuat sampai Maghrib lho!

4. Sudah makan nasi, masih mau nambah camilan manis?

Meski selama seharian nanti kamu berpuasa, bukan berarti harus menimbun banyak makanan sewaktu sahur. Tetap perhatikan pola makanmu, jangan sampai berlebihan. Apalagi kalau sudah menyantap sepiring nasi dan lauk, masih ditambah camilan manis seperti bolu atau martabak sisa semalam.

Tingginya kadar gula dalam tubuh malah bikin cepat lemas dan haus. Tentu saja bikin puasamu jadi kurang nyaman. So, jangan asal cari kenyang saja ya!

5. Perhatikan porsi nasi!

Nah, yang satu ini juga perlu kamu perhatikan. Usahakan santap sahurmu seimbang, ada sumber karbohidrat, ada sayur, lauk tinggi protein, dan dilengkapi buah-buahan. Meski makan banyak porsi nasi bikin kenyang, tapi kadar gula berlebihnya gak baik buat tubuh.

Mengurangi porsi nasi, lalu menambah sayur dan buah justru meningkatkan kadar serat tubuh. Hasilnya, rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Puasa yang lancar diawali dengan tubuh sehat kan?

Leave a Reply