Hilang 31 Tahun Lalu Di Gunung Elbrus, Jasad Elena Bazykina Seperti Boneka Lilin

Boneka Lilin

Jenazah pendaki Rusia yang hilang 31 tahun lalu di gunung tertinggi Eropa telah ditemukan. Jasad Elena Bazykina dilaporkan tampak seperti “boneka lilin” saat tubuhnya ditarik dari Gunung Elbrus yang berada di Rusia selatan.

Pendaki wanita itu berusia 36 tahun ketika meninggal bersama enam temannya. Ketujuh orang ini tewas usai tertimpa longsoran salju pada tahun 1987. Tubuh Elena ditemukan terbungkus es oleh sekelompok wisatawan di ketinggian sekitar 4.000 meter. Saksi juga menemukan paspor Uni Soviet miliknya dan tiket pesawat Aeroflot dari Moskow, tertanggal 10 April 1987.

Sebuah video yang dikeluarkan oleh otoritas Rusia menunjukkan, tim penyelamat mencoba membebaskan tubuh Elena yang membeku, yang masih dibalut jaket tebal, lengkap dengan peralatan mendakinya.

Surat kabar Komsomolskaya Pravda melaporkan, Elena –yang belum menikah dan tidak memiliki anak– bekerja di Moscow Scientific Institute. Gunung adalah “cinta terbesar dalam hidupnya”.

Kedua orangtua Elena telah meninggal. Pencarian terkait orang yang dicintainya tak membuahkan hasil. Namun saat sepupunya melihat artikel tentang Elena di Komsomolskaya Pravda, dia langsung mengontak tim redaksi. Selama ini, keluarga berpikir bahwa Elena masih hidup.

“Kami telah menanti Elena selama 30 tahun. Kami terus memikirkan apa yang sebenarnya terjadi padanya, kami takut dia diculik atau disandera di suatu tempat. Ini (Gunung Elbrus) adalah wilayah yang berbahaya, ” kata sang saudara yang namanya tidak disebutkan itu, sebagaimana dilansir dari Russia Today, Jumat (31/8/2018).

Ketika pertama kali dilaporkan hilang, para petugas darurat Soviet langsung melakukan penelusuran untuk mencari ketujuh pendaki tersebut. Akan tetapi pencarian petugas nihil.

“Operasi penyelamatan dimulai seketika, tetapi tidak membawa hasil pada tahun 1987,” kata Aleksey Yaroshevsky, wakil presiden Sports Tourism Federation of Russia (Federasi Pariwisata Olahraga Rusia). “Kami terus mencari mereka pada tahun berikutnya, tetapi sekali lagi kami tidak beruntung. Elena adalah jasad pertama dari kelompok pendaki ini yang ditemukan.”

Kendati jasad Elena telah ditemukan, namun Aleksey belum bisa memastikan apakah jenazah keenam temannya akan ditemukan begitu saja.

Leave a Reply