Hebat! Tanpa Penglihatan Gamer Ini Dapatkan 7600 Kill di Call of Duty: WWII

Penglihatan

Video game adalah media audio-visual, karena dari itu akan sulit untuk gamer dengan disabilitas penglihatan dan pendegaran untuk dapat menikmati video game secara penuh. Namun, kabar baiknya beberapa developer saat ini mempunyai cara tersendiri untuk menambah aksesbilitas dari video game untuk orang-orang dengan keterbatasan, dan gamer itu sendiri terkadang miliki cara tersendiri untuk melawan kekurangan mereka untuk menikmati game yang mereka mainkan. Youtuber dengan nama TJ The Blind Gamer adalah salah satunya.

TJ bisa dikatakan merupakan pemain veteran dari franchise Call of Duty. Pria berusia 19 tahun ini sudah bermain game tersebut sejak masih 8 tahun yang dimana saat itu World at War baru dirilis. Setelah itu beralih ke Modern Warfare 2 dimana pada saat itu dia kehilangan kemampuan melihat di mata kirinya dan pada saat Black Ops III dirilis, dia kehilangan kemampuan melihat pada kedua matanya. Kondisi kesehatannya sekarang dijelaskan secara detil lewat salah satu videonya di Youtube.

Tidak mampu lagi melihat, TJ saat ini hanya bisa bermain seri game favoritnya lewat suara yang dia terima lewat headphone. Arah dan jenis suara yang dia terima di headphone menjadi satu-satunya navigasi bagi TJ dalam mencari tahu dimana dia berada dan dimana lokasi musuh sekarang.

Menurutnya Call of Duty sampai sejauh ini miliki beberapa fitur yang membuatnya lebih mudah untuk bermain. Black Ops III memiliki beberapa perk yang mempermudah pemain mencari tahu lokasi musuh dengan sinyal audio yang benar-benar membantu gamer seperti TJ.

Sementara itu, Call of Duty terbaru saat ini – Call of Duty: WWII sudah support dengan Alexa yang dapat memberikan dan menerima perintah suara, hal ini membuat TJ semakin mudah mendapatkan informasi tanpa visual. Alexa juga bisa memberitahu TJ akan apakah temannya sedang online, memberikan tips bermain, dan juga mengecek stats yang dia miliki sejauh ini. Dan sekarang dia merasa sangat bangga saat mendengar dari Alexa jika dia sudah mencapai 7600 kill pada seri bertema perang dunia II tersebut.

Permintaan dari TJ kepada Activision dan developer Call of Duty adalah memberikan game tersebut lebih banyak perk audio sejenis yang ada di Black Ops III dan memberikan efek suara tersendiri di beberapa objective seperti pada mode Domination, Capture the Flags, Kill Confirmed, dll. Dirinya juga memiliki harapan game akan punya semacam screen reader yang akan membacakan setiap teks yang ada di layar, membuat dia lebih mudah dalam mengakses game.

Target dari TJ saat ini hanyalah satu: Mencapai 10,000 kill pada game tersebut untuk dua atau tiga minggu kedepan. Pastinya ini akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri melihat keterbatasan yang dia miliki.

Leave a Reply