Grand Theft Auto V, Produk Hiburan Terlaris Sepanjang Masa

Grand Theft Auto

Kontroversial sepertinya adalah sebuah kata yang tidak akan pernah bisa lepas dari Grand Theft Auto V. Game yang terus mendapatkan berbagai kritik karena kontennya yang berisi kekerasan, seksualitas, dan juga berbagai hal lain yang tidak boleh dilihat oleh mereka yang masih di bawah umur. Tetapi, memang harus diakui, kontroversi yang dialami game ini justru malah membuatnya semakin populer.

Seperti dilansir MarketWatch, mulai dari perilisan pertamanya di PlayStation 3 dan Xbox360 pada tahun 2013 lalu, Grand Theft Auto V sudah terjual sekitar 90 juta copy dengan keuntungan yang mencapai sekitar US$6 milyar. Keuntungannya bahkan terus meningkat pesat setelah dirilis di PC, PlayStation 4, dan Xbox One, dan menghasilkan lebih dari US$800 juta per-24 jam dan US$1 milyar dalam tiga hari, hal ini membuatnya mengalahkan film sekelas Star Wars yang bahkan tidak sampai miliki keuntungan yang sama setelah blu-ray atau dvdnya dirilis.

Menghabiskan modal sebesar US$265 juta, Rockstar sukses menjadikan Grand Theft Auto V menjadi produk hiburan tersukses sepanjang masa. Penjualannya bahkan masih tetap bisa mengalahkan berbagai game yang dirilis setelahnya. Keuntungan yang diarih tersebut bahkan masih belum termasuk microtransaction seperti shark card dan yang lain, yang tentunya membuat Rockstar dan Take-Two mendapatkan keuntungan lebih.

Dengan pencapaian yang sangat spektakuler, pastinya menjadi sangat wajar jika Rockstar dan Take-Two masih belum merencanakan Grand Theft Auto 6 dalam waktu dekat ini. Mereka lebih memilih untuk merilis adalan mereka yang lain, yakni Red Dead Redemption 2 yang dikabarkan akan dirilis musim gugur tahun ini.

Hal ini secara tidak langsung menjadi sebuah bukti bahwa video game yang bagus dengan strategi marketing yang baik akan tetap dicintai oleh para penggemarnya. Meski belum ada pengumuman apakah mereka akan terus memberikan support pada Grand Theft Auto V ketika Red Dead Redemption 2 dirilis nanti, tetapi bisa dipastikan “anak emas” Rockstar akan terus populer setidaknya sampai beberapa tahun ke depan hingga seri keenamnya dirilis.

Leave a Reply