Gol Tunggal Messi Antarkan Barcelona Untuk Menundukkan Atletico

Messi

Lionel Messi menjadi pembeda di laga Barcelona vs Atletico Madrid. Gol tunggalnya membawa Blaugrana menang 1-0 atas Atletico.

Dalam pertandingan di Camp Nou, Minggu (4/3/2018) malam WIB, Barcelona memulai dengan dominan. Tapi pertahanan disiplin dan rapi Atletico menyulitkan tuan rumah untuk menciptakan ancaman-ancaman.

Barcelona mendapatkan jalan keluar di menit ke-26 dari bola mati tak jauh di depan kotak penalti Atletico. Messi yang maju sebagai eksekutor melengkungkan tendangan indah melewati pagar pemain, bersarang di pojok kanan atas gawang.

Gol itu membuat pertandingan berjalan lebih terbuka. Atletico bermain lebih agresif dan berani. Tapi mereka kepayahan membuat peluang bagus, sementara Barcelona diuntungkan dengan celah yang lebih besar.

Namun sampai pertandingan usai tak ada gol lagi yang tercipta. Buat Barcelona, 1-0 sudah cukup untuk mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen La Liga.

Messi dkk. kini memimpin dengan nilai 69 dari 27 pertandingan. Mereka memperlebar jarak dengan Atletico di posisi dua yang belakangan mulai menempel, di mana kini selisihnya jadi delapan poin.

Jalannya Pertandingan

Barcelona langsung mendominasi lapangan selepas kick-off. Percobaan pertama dilepaskan Lionel Messi di menit ketujuh. Bola sempat membentur namun tak membahayakan gawang Atletico.

Tuan rumah terus menekan, tapi Atletico bertahan dengan sangat rapi dan disiplin. Barcelona kesulitan menemukan celah.

Atletico beberapa kali mencoba melakukan serangan balik dengan umpan panjang ke sepertiga akhir. Tapi lini pertahanan Barcelona memasang perangkap offside dengan cermat.

Di menit ke-21, Messi menunjukkan aksi melewati kepungan tiga pemain Atletico. Dia lalu melepaskan sepakan dari depan kotak penalti, hanya saja terlalu lemah untuk menguji Oblak.

Semenit berselang, Atletico merespons. Thomas Partey mencoba dari jarak jauh, tak mengancam Marc-Andre ter Stegen.

Di menit ke-26, Barcelona memetik keunggulan. Setelah dilanggar Partey di depan kotak penalti, Messi mengambil kesempatannya. Tendangan bebasnya melengkung melewati pagar pemain dan berakhir di pojok kanan atas gawang. Jari-jari Oblak tak cukup cukup melontarkan bola ke luar lapangan.

Selepas gol, Atletico mulai lebih berani keluar menyerang dan lebih agresif. Barcelona di lain sisi mendapatkan ruang lebih banyak di pertahanan tim tamu.

Suarez mendapatkan kesempatan pada menit ke-32 di dalam kotak penalti. Tendangannya diblok Sime Versaljko.

Dua menit berselang, Coutinho bekerja sama dengan Suarez di depan kotak penalti. Usai memainkan umpan satu-dua, Coutinho mengarahkan tendangan kaki kiri yang masih bisa diantisipasi Oblak.

Coutinho kembali menebar ancaman di menit ke-38. Dari dalam kotak penalti, eks pemain Liverpool melepas tembakan keras dengan kaki kiri. Bola ditinju saja oleh Oblak. Sampai babak pertama usai, tak ada gol tambahan.

Atletico memulai babak kedua dengan lebih berinisiatif. Mereka mencoba menekan Barcelona. Di menit ke-62, Antoine Griezmann mencoba melepas sepakan dari tepi kotak penalti namun melebar.

Atletico terus berusaha menyerang, tapi masih kesulitan mengancam gawang Barcelona. Sepakan Griezmann dari depan kotak penalti lagi-lagi tak mengarah ke gawang, melambung jauh.

Justru tuan rumah yang beberapa kali membangun situasi bagus. Pada menit ke-77, Suarez menyambar bola dari lini kedua di depan gawang dan mencetak gol, tapi dianulir wasit. Dia lebih dulu berada dalam posisi offside.

Semenit berselang, Messi mendapatkan ruang di depan kotak penalti dan menembak. Jose Gimenez sigap memblok laju bola dengan lututnya sehingga cuma berbuah korner untuk Barcelona.

Dari korner, Barcelona kembali mengancam. Umpan Messi ditanduk Sergio Busquets ke arah gawang. Bola ditepis Oblak.

Atletico menjebol gawang Barcelona di menit ke-86. Umpan silang dari kanan ditanduk Costa ke arah Kevin Gameiro dan dituntaskan ke dalam gawang. Tapi hakim garis mengangkat bendera, Costa offside.

Di masa injury time, Barcelona punya kans bagus. Luis Suarez dalam posisi bebas menghadapi kiper dan mencungkil bola, tapi cuma berakhir di samping kanan gawang.

Sampai peluit akhir berbunyi tak ada tambahan gol. Barcelona menang 1-0 atas Atletico.

Susunan pemain

Barcelona: Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Coutinho (Paulinho 84′), Rakitic, Busquets, Iniesta (Gomes 36′); Messi, Suarez

Atletico: Oblak; Vrsaljko (Correa 59′), Gimenez, Godin, Filipe Luis (Hernandez 75′); Saul Niguez, Gabi (Gameiro 66′), Partey, Koke; Griezmann, Diego Costa

Tendangan Bebas Maut Messi

Lionel Messi menjadi penentu kemenangan Barcelona atas Atletico Madrid. Tendangan bebas indahnya memastikan Blaugrana kukuh di puncak klasemen.

Messi menjadi pencetak gol satu-satunya dalam laga Barcelona vs Atletico yang digelar di Camp Nou, Minggu (4/3/2018) malam WIB. Dia menjadi pemecah kebuntuan Los Cules, yang kerepotan menghadapi pertahanan rapat dan disiplin Atletico.

Messi memenangi sendiri pelanggaran tak jauh di depan kotak penalti Atletico. Aksinya menggiring bola dihentikan Thomas Partey dengan sebuah ganjalan.

Messi pun maju sebagai eksekutor. Sepakan kaki kirinya melengkung apik melewati pagar pemain dan bersarang di pojok kanan atas gawang.

Jan Oblak yang melompat dan merentangkan tubuh sedemikian rupa tak kuasa menghentikan bola. Jari tangannya sempat menyentuh bola, tapi tak cukup untuk menghentikan lajunya atau melontarkannya ke luar lapangan.

Menariknya, ini adalah gol ketiga Messi dari tendangan bebas di tiga laga beruntun. Sebelumnya dia juga mencetak gol dari tendangan bebas langsung ke gawang Girona dan Las Palmas.

Opta mencatat ini bahwa untuk pertama kali dalam kariernya, Messi mencetak gol tendangan bebas di tiga partai berturut-turut.

Secara keseluruhan di musim ini, Messi sudah bikin enam gol tendangan bebas langsung. Sebelum golnya ke gawang Girona, Las Palmas, dan Atletico, Messi lebih dulu mencetak gol semacam ini ke gawang Olympiakos, Real Sociedad, dan Alaves.

Langkah Penting Barcelona Menuju Gelar Juara

Ernesto Valverde menegaskan kemenangan Barcelona atas Atletico Madrid belum memastikan apapun. Tapi tiga poin memang jadi langkah penting menuju trofi.

Barcelona menang tipis 1-0 dalam laga sulit melawan Atletico di Camp Nou, Minggu (4/3/2018) malam WIB. Satu-satunya gol tercipta lewat bola mati, yakni dari eksekusi tendangan bebas Lionel Messi.

Kemenangan ini membuat Barcelona membuka jarak lagi di puncak klasemen. Mereka sempat didekati Atletico dengan selisih lima angka, namun kini melebar menjadi delapan angka.

Dengan selisih poin ini dan musim menyisakan 11 pekan saja, Barcelona dalam posisi amat bagus untuk juara. Opta malah mencatat, bahwa belum pernah ada sebuah tim gagal juara setelah unggul delapan poin dengan sisa 11 pertandingan.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde gembira dengan hasil atas Atletico. Meski belum memastikan apapun, tapi setidaknya posisi Barcelona kini lebih baik.

“Ini adalah pertandingan yang sangat penting dalam hal persaingan gelar. Tidaklah sama, posisi unggul delapan poin dibandingkan berjarak dua poin,” ungkapnya dikutip Marca.

“Ini memang bukan hasil yang memastikan gelar, jelas. Tapi kami sudah membuat sebuah langkah. Kita lihat saja bagaimana ke depannya,” tandas Valverde.

Leave a Reply