Ganjil Genap Yang Diberlakukan Di Tol Cibubur Dimulai 16 April 2018

Tol Cibubur

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, atau BPTJ Kementerian Perhubungan memastikan, pelaksanaan ganjil genap di tol akan dikembangkan ke wilayah lain. Salah satunya adalah di pintu Tol Cibubur arah Cawang pada 16 April 2018.

Kepala BPTJ Kemenhub, Bambang Prihartono mengatakan, lebih awalnya ganjil genap di Tol Jagorawi, khususnya di pintu Tol Cibubur, karena sudah siapnya sarana dan prasarana di wilayah tersebut.

Selain itu, dalam menerapkan kebijakan tersebut, BPTJ juga melihatnya secara tidak parsial. Artinya, juga melihat kebijakan serupa sebelumnya di tol Bekasi-Cawang yang dinilai sukses.

“Kita belajar dari kesuksesan Bekasi-Cawang dan ada Asian Games nanti. Jadi, rekayasa ganjil genap itu akan menyeluruh tidak parsial. Jagorawi dan Cikampek harus dicarikan solusi,” jelas Bambang kepada VIVA, Kamis 5 April 2018.

Ia mengungkapkan, selain penerapan ganjil genap, BPTJ juga akan melakukan rekayasa lalu lintas lainnya di jalanan dalam kota. Hal itu, guna mencairkan kepadatan yang masih terjadi di Cawang, Jakarta Timur.

Salah satu kebijakan tersebut, lanjut Bambang, adalah memajukan waktu ganjil genap di jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin menjadi pada pukul 06.00 WIB dari sebelumnya pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB.

“Dengan ganjil genap di jalan Thamrin dimajukan, kita berharap bisa menarik kemacetan di Cawang. Saat ini, BPTJ sedang bernegosiasi dengan Pemda DKI atas usul itu,” jelasnya.

Sementara itu, untuk ganjil genap di Tol Tangerang, Bambang mengungkapkan, opsi pelaksanaannya akan dilakukan, setelah tol Cibubur atau seminggu setelah ganjil genap di pintu Tol Cibubur berlaku.

“Kita akan terapkan di Tol Tangerang, seminggu setelah Tol Cibubur. Namun, juga bisa bersamaan menunggu keputusan Menteri Perhubungan. Ini dilakukan, karena contra flow di Tangerang sudah sangat berbahaya,” ujarnya.

Leave a Reply