Gak Usah Beli, Yuk Bikin Saus Keju Sendiri! Ini Resepnya

Saus Keju

Cheese sauce alias saus keju banyak diinovasikan dalam hidangan kuliner Indonesia. Seperti salah satunya ayam goreng dengan sambal pedas, tambah nikmat makannya kalau pakai lelehan keju.

Belum lagi, kalau Anda ngemil aneka keripik atau kenyang goreng kekinian yang ditambah saus keju. Camilan seperti itu selalu ditemukan di kafe atau restoran zaman sekarang.

Daripada Anda sering merogoh kocek hanya untuk makan nikmat dengan saus keju, Anda bisa berkreasi sendiri di rumah. Cara buatnya cuma lima menit saja. Waktunya sangat singkat bukan?

Lebih lanjut, berikut adalah bahan dan langkah membuat saus keju yang cuma butuh waktu lima menit untuk membuatnya. Simak ulasannya lebih lanjut, dilansir Budgetbytes, Jumat (9/2/2018).

Bahan:

2 sdm mentega

2 sdm tepung terigu

1 cangkir susu segar

1 mangkuk keju cheddar, diparut

4 sdt garam

4 sdt bubuk cabai

Cara membuat:

1. Masukkan mentega dan tepung ke dalam panci untuk membuat saus. Panaskan dan kocok mentega dan tepung terigu sampai berbusa. Lanjutkan untuk memasak hingga adonan tercampur sekira 60 detik.

2. Kocok susu ke dalam campuran tepung dan mentega. Kecilkan apinya, lalu masukkan susu cair ke dalam panci. Masak sampai mendidih dan tekstur adonan cukup tebal. Matikan kompor dan hilangkan uap panasnya.

3. Masukkan cheddar parut, satu genggam sekaligus, sampai meleleh ke dalam saus. Jika perlu, letakkan panci di atas api rendah agar keju cepat meleleh.

4. Setelah semua keju dilelehkan ke dalam saus, aduk dalam garam dan bubuk cabai. Rasanya sesuaikan dengan bumbunya sesuai kebutuhan. Jika sausnya menjadi terlalu tebal, cukup kocok dan tambahkan susu segar agar rasanya lebih nikmat.

5. Setelah saus keju sudah matang, siap disajikan bersama makanan pendampingnya, yakni nacos, keripik kentang, ayam goreng, kentang goreng, dan sebagainya.

6. Sisanya saus yang tidak habis pastikan untuk disimpan di kulkas. Jangan segera habiskan, dan mungkin stok saus keju itu bisa dimakan untuk satu minggu.

Leave a Reply