Evan Dimas Diberi Kritik & Saran Dari Rochi Putiray, Striker Legendaris Timnas

Dua bintang Timnas Indonesia beda generasi, Rochi Putiray dan Evan Dimas, asyik bercengkrama saat menghadiri peluncuran Nitro Cup 2017 di Fisik Football, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (11/10/2017). Dalam kesempatan itu, Rochi Putiray yang terkenal blak-blakan memberikan kritik dan saran untuk Evan Dimas.

Rochi Putiray merupakan salah satu striker yang dimiliki Timnas Indonesia pada dekade 1990-an hingga awal 2000-an. Pemain yang punya pengalaman bermain bersama empat klub di Hong Kong itu menilai Evan Dimas yang kini menjadi salah satu ikon Timnas Indonesia sudah mulai turun performanya ketimbang masih berada di Timnas Indonesia U-19.

Namun, tak hanya memberikan kritik terkait penampilan Evan Dimas, Rochi pun memberikan saran agar pemain Bhayangkara FC itu punya siasat untuk tetap menjaga kualitasnya di level terbaik dengan cara berpikir sendiri dan tidak hanya mengandalkan pelatih yang menanganinya.

“Saya merasa kemampuan kamu menurun ketimbang saat kamu dulu masih bersama Om Indra (Sjafri) di Timnas U-19,” ujar Rochi saat bersama Evan Dimas di Fisik Football Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (11/10/2017).

“Kamu harus memiliki menu latihan sendiri. Kamu tidak boleh menunggu pelatih memberikan latihan. Kamu punya uang, gaji kamu besar, jadi itu pasti cukup untuk berlatih sendiri, seperti fitness dan latihan lainnya,” lanjut Rochi.

Mantan striker yang mengawali karier di Arseto Solo itu juga mengatakan Evan Dimas harus bisa mengikuti Bambang Pamungkas dalam manajemen diri sendiri. Menurutnya, striker senior Persija Jakarta itu adalah sosok yang cocok dijadikan panutan dalam manajemen diri sendiri.

Selain itu, Rochi sangat menyayangkan jika Evan Dimas tak berpikir untuk bermain di luar negeri pada usianya saat ini, di mana cukup banyak pemain Indonesia, seperti Andik Vermansah dan Victor Igbonefo, menikmati kompetisi di luar negeri untuk memacu diri agar lebih baik. Meski pernah menjalani latihan di Espanyol, Rochi berharap Evan Dimas mau berkompetisi di luar negeri.

“Bermainlah di luar negeri untuk bisa lebih baik. Satu hal yang harus kamu tahu, Indonesia itu sama seperti Inggris. Indonesia punya kompetisi yang sangat digemari di Asia Tenggara, sama seperti Inggris yang punya kompetisi besar. Namun, timnas kedua negara ini sama-sama tidak bisa berbuat apa-apa di level internasional. Mainlah di Thailand seperti yang dilakukan Victor Igbonefo,” ujar Rochi memberikan saran.

Evan Dimas pun merasa sangat gembira bisa mendapatkan kritik dan saran dari Rochi Putiray. Evan mengaku dari pembicaraannya dengan Rochi langsung tersadar bahwa dirinya belum mencapai level apa pun di dalam sepak bola.

“Saya senang bisa bertemu Om Rochi. Saya ingat bagaimana ia bermain di Hong Kong dan mencetak gol ke gawang AC Milan. Saya senang dia memberikan saran yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Dari kesimpulan yang saya ambil, saya belum ada apa-apanya saat ini. Sarannya membuat pikiran saya terbuka untuk terus bekerja keras,” ujar Evan Dimas.

Leave a Reply