Evakuasi Terus Dilakukan, Sisa Lima Orang Terjebak Di Goa Thailand

Goa Thailand

Operasi penyelamatan tim sepak bola remaja Thailand yang terjebak di goa kembali ditangguhkan usai empat anak dapat dikeluarkan pada hari kedua.

Misi penyelamatan empat anak dan seorang pelatih mereka yang masih terjebak di dalam Goa Tham Luang akan dilanjutkan keesokan hari, pada Selasa (10/9/2018).

Melansir dariĀ Channel News Asia, hingga Senin (9/7/2018) malam waktu setempat delapan anak dari tim sepak bola remaja Wild Boar telah dapat dikeluarkan oleh tim penyelamat yang terdiri dari gabungan angkatan laut Thailand dengan para penyelam profesional dari berbagai penjuru dunia.

Empat anak pertama telah dikeluarkan pada Minggu (8/7/2018) dan empat lainnya dikeluarkan sehari berselang karena tim harus beristirahat dan mengisi kembali suplai tabung oksigen.

Anak kelima yang berhasil dikeluarkan, atau yang pertama pada misi hari kedua, Senin (9/7/2018) dikeluarkan sekitar pukul 17.00 waktu setempat dan langsung dibawa menggunakan helikopter menuju rumah sakit di Chiang Rai, di mana empat anak sebelumnya dibawa untuk mendapat perawatan.

Dalam konferensi yang digelar mantan Gubernur Chiang Rai, Narongsak Osotthanakorn, upaya penyelamatan pada hari kedua masih melibatkan para penyelam yang sama dengan yang membawa keluar empat anak pertama pada hari sebelumnya.

Upaya evakuasi hari kedua dimulai sejak pukul 11.00 pagi waktu setempat, setelah para anggota tim penyelamat mendapat cukup istirahat dan mengisi kembali suplai oksigen.

Narongsak, yang juga menjadi ketua misi penyelamatan mengumumkan, evakuasi pada hari kedua berlangsung selama sekitar sembilan jam, atau lebih cepat dua jam dibandingkan pada hari pertama di mana empat anak pertama dikeluarkan.

“Kemarin, operasi penyelamatan kami mulai pukul 10.18 pagi dan kami mengirim anak terakhir ke rumah sakit pukul 21.30 malam, atau sekitar 11 jam.”

“Hari ini, misi kami mulai pukul 11.00 pagi dan selesai pukul 20.00 malam, selama sembilan jam,” ujarnya.

Mengenai kondisi lima anak yang masih terjebak, Narongsak mengatakan mereka masih dalam kondisi baik, menurut dokter.

Operasi penyelamatan mereka akan dilanjutkan pada Selasa (10/7/2018) dan malam ini tim akan membahas rencana penyelamatan untuk esok hari.

“Kami akan mulai mempersiapkan untuk operasi penyelamatan berikutnya dan kami percaya semua akan berjalan lebih baik dari hari ini dan akan berjalan sukses,” tambahnya.

Sebelumnya, misi evakuasi juga ditangguhkan sekitar sepuluh jam pada hari Minggu usai tim berhasil mengeluarkan empat anak pertama.

Otoritas terkait masih menolak memberikan konfirmasi terkait nama-nama anak yang telah dapat dikeluarkan.

Leave a Reply