EA Gugat Game Remake Sim City 2000 Buatan Fans Karena Langgar Hak Cipta

Sim City 2000

Pada awal tahun 2018, muncul sebuah software berkedok open source yang didalamnya berisikan satu game remake dari Sim City 2000. Game ini sendiri mulanya terkenal sebagai salah satu seri game Sim City terbaik dari seluruh franchise game mengenai membangun kota tersebut, karena dari itu keberadaan software yang bernama OpenSC2K itu seakan sangat dinostalgiakan sekali oleh para penggemarnya. Tapi, sangat disayangkan jika game remake yang dibuat oleh seorang fans itu diciptakan dengan cara yang tidak semestinya.

Electronic Arts (EA), selaku pemegang hak milik franchise Sim City baru saja mengendus keberadaan OpenSC2K dan memutuskan untuk langsung mengajukan gugatan hukum. Hal itu dilakukan karena adanya suatu pelanggaran hak cipta yang sudah dilakukan oleh pihak pembuat.

Seperti dilansir dari Torrenfreak, telah dilaporkan bahwa ada asset original dari game Sim City 2000 yang secara terang-terangan dipakai di OpenSC2K. Hal ini sepertinya menjadi fokus perhatian EA dalam melindungi segala bentuk Intellectual Property (IP) yang mereka punya.

Sejak dari itu, OpenSC2k akhirnya secara resmi dicabut di Github sebagai pihak situs penyedia. Sang kreator, Nicholas Ochoa akhirnya buka suara terhadap masalah tersebut. Dengan memberikan pengakuan bahwa dirinya tidak pernah dikontak langsung oleh EA, tapi baru mengetahui setelah mendapatkan notif pemeberitahuan dari pihak Github.

Dirinya sebenarnya lebih berharap pihak EA bisa berkomunikasi secara pribadi dengannya daripada langsung menghentikan seluruh hasil karya yang sudah ia ciptakan. Karena Ochoa ingin memberikan klarifikasi mengenai alasannya memakai aset berlisensi tersebut.

Dalam sebuah surat gugatan yang secara resmi EA tulis terkait dengan pelanggaran hak cipta yang sudah dilakukan oleh OpenSC2K. Dalam surat tersebut tercantum bahwa:

“Terdapat suatu bagian audio visual yang dapat menimbulkan pelanggaran hak milik EA selaku pihak pembuat. Selama pelanggaran itu terus terjadi, tidak ada cara lain selain dengan melakukan aksi penghapusan demi mengatasi permasalahan tersebut.”

Menurut pengakuan dari Ochoa, dirinya mengakui bahwa ia sengaja mengambil asset dari game Sim City 2000 karena game tersebut sudah sempat dihadirkan secara gratis dalam berbagai jangka waktu oleh EA, ditambah lagi bahwa game klasik tersebut sudah hadir selama 25 tahun (dirilis pada tahun 1993).

Tapi, jika EA memang merasa keberatan, dirinya sangat bersedia sekali untuk mencabut bagian-bagian yang EA rasa bersifat “copyrighted” di versi remakenya ketimbang harus mencabut seluruhnya.

Game Sim City 2000 sendiri saat ini hanya bisa Anda dapatkan di GOG dan Origin.

Leave a Reply