Dulunya Terkenal, Sekarang Tempat-Tempat Ini Sudah Ditinggalkan

Kita memang enggak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Bisa saja, tempat favorit kita saat ini di puluhan tahun mendatang akan menjadi tempat yang kita benci atau takuti. Dilansir dari laman brightside.me, ini lah 12 tempat terbengkalai yang dulunya terkenal. Kamu pengin coba kunjungi?

Argentiera, Itali

Argentiera adalah bekas rumah pertambangan. Arti nama dari ‘argento’ berarti ‘silver’ dan makna siver adalah dulu pas era Roma dan Phoenician lagi jaya banget (perak).

api itu dulu sih pada masanya, sekarang tempat ini udah terbengkalai.

Varosha, Cyprus

Salah satu bagian dari kota Famagusta ini dulu destinasi populer turis sebelum adanya invasi Turki di tahun 1974. Dan sekarang justru dikenalnya sebagai kota hantu!

Quinta da Regaleria, Portugal

The Initiation Well berlokasi di tanah milik Quinta de Regaleria, di mana kita bisa melihat ragam arsitektur kuno.

Menurut legenda, 9 tingkat dari lubang ini menyimbolkan 9 lingkaran neraka!

Grytviken, Georgia Selatan dan Pulau Sandwich Selatan

Grytviken adalah pusat administratif dari British Overseas Territory. Pada tahun 1994 stasiun terbesar di Antartika dibuat di sini.

Dan stasiun gereja yang terbengkalai ini adalah satu-satunya bnagunan yang mempertahankan tujuan utamanya

Pernikahan terakhir yang terdaftar di gereja ini tercatat pada 18 November 2009.

Oradour-sur-Glane, Prancis

Pada Juni 1944, sekutu Jerman Waffen-SS menghancurkan desa Oradour-sur-Glane. Hasil dari serangan ini menyebabkan 642 penduduk terbunuh.

Setelah perang, presiden Prancis mengumumkan bahwa desa ini jangan pernah dibangun kembali melainkan menjadi bukti kekejaman Nazi.

Cape Romano, USA

Sebuah rumah dengan beberapa kamar ini dibuat pada tahun 1980. Hanya dalam waktu yang singkat setelah dibangun, tanah pasir di dasar bangunan mulai menunjukkan adanya pergerakan.

Pada tahun 2005, pemilik rumah ini berencana merenovasi rumah tapi enggak bisa dia lakukan karena adanya resolusi baru dari otoritas pulau. Sekarang enggak ada yang tinggal di rumah ini.

Plymouth, Montserrat

Pada Juli 1995, setelah adanya beberapa erupsi di gunung berapi Soufriere Hills, lava dan abu menutupi banyak area di Montserrat bagian selatan, termasuk Plymouth.

Pada Agustus 1995, abu jatuh di Plymouth, di mana dihuni oleh 4.000 orang dan para penghuni tersebut baru dievakuasi pada bulan Desember.

Spinalonga, Greece

Spinalonga adalah pulau Yunani yang terletak di bagian timur Crete. Pada tahun 1669, Crete ditemukan oleh Ottoman Empire.

Untuk mengusir orang jahat, Yunani mengumpulkan semua penderita kusta dan mengirim mereka ke pulau ini. Karena takut terinfeksi, orang-orang tersebut pun pergi meninggalkan pulau.

Sekarang, objek yang paling sering dikunjungi turis adalah sisa dari benteng yang tak tertembus.

Spreepark, Jerman

Taman hiburan ini dulu dibuka tahun 1969 di Berlin dan berfungsi dengan baik hingga tahun 1989.

Lalu taman hiburan ini dibeli oleh perusahaan Spreepark Berlin GmbH dan setelahnya baru diketahui kalau aset pendirinya meragukan dan taman ini jadi memiliki hutang jutaan dolar.

Pada tahun 2001, taman ini bangkrut dan menjadi kosong.

Agdam, Nagorno-Karabakh Republic / Azerbaijan

Agdam adalah pemukiman bagian Barat Daya Azerbaikan. Selama perang Nagorno-Karabakh di tahun 1993, tempat ini menjadi terkurung.

Lalu Agdam ini banyak dijarah dan dibakar karena otoritas Karabakh.

Hashima, Jepang

Hashima ini adalah sebuah pulau di bagian timur Cina Laut dan dikenal sebagai poros tambang batu bara hingga mencapai kedalaman 600 meter.

Karena itulah tempat ini menjadi sangat berpolusi dan pada tahun 1974 pulau ini pun terbengkalai.

Pripyat, Ukraina

Pripyat ditemukan tahun 1970 dan menjadi kota tertutup karena menjadi tempat yang dengan Chernobyl Nuclear Power Plant.

Setelah wabah Chrnobyle muncul pada April 1986, semua kota dievakuasi dan terbengkalai sejak saat itu.

Level radiasinya mulai rendah dan Pripyat menjadi tempat yang relatif aman untuk dikunjungi.

Leave a Reply