Doro Ncanga, Padang Rumput Ala Afrika Yang Ada Di Nusa Tenggara Barat

Doro Ncanga

Pernah menyaksikan video tentang padang rumput Afrika yang hijau dan dipenuhi dengan berbagai macam hewan? Tak perlu jauh-jauh ke Afrika karena Indonesia juga memiliki padang rumput atau sabana yang menakjubkan. Sabana cantik yang disebut Doro Ncanga ini berada di kabupaten Dompu, pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Sabana Doro Ncanga, terletak dekat dengan desa dan pulau-pulau kecil di sekitar pulau Sumbawa. Perjalanan bisa diawali dengan terbang dari Mataram, Lombok menuju bandara Sultan Salahuddin di kota Bima, pulau Sumbawa.

Setibanya di kota Bima yang berada di bagian timur pulau Sumbawa, perjalanan dilanjutkan menggunakan mobil. Setelah melewati jalanan yang tidak rata, selama 3 jam, Anda akan menemukan pemandangan hijau di kanan kiri.

Tampak di hadapan membentang padang rumput hijau yang luas, mirip dengan sabana Afrika yang sering ditayangkan di televisi. Mirip dengan sabana di Kenya pula, di sini banyak kawanan kuda, sapi dan kerbau yang tengah sibuk mengunyah rumput. Di kejauhan, samar-samar tampak gunung Tambora yang menjulang perkasa.

Hewan-hewan di sabana Doro Ncanga bukanlah hewan liar. Kuda, sapi, kambing, dan kerbau semuanya dimiliki oleh para petani dan peternak dari kawasan sekitar. Meski tidak dijaga, hewan-hewan ini aman karena telah ditandai dengan inisial pemiliknya di badan kuda, atau digantungi lonceng di telinga atau leher. Pemilik hewan pun tidak merasa harus mengunjungi hewan miliknya, cukup sebulan tiga kali.

Sabana Doro Ncanga yang berada di kabupaten Dompu ini pun menjadi suguhan utama bagi para traveler yang tengah melintasi jalan raya, ataupun yang berniat menjelajah pulau Sumbawa. Mengamati bermacam hewan yang tengah merumput atau mengagumi kuda-kuda Sumbawa yang terkenal ganteng dan perkasa, menjadi hiburan yang hanya bisa dinikmati di alam liar Sumbawa.

Beragam hewan yang merumput di Sabana Doro Ncanga tak akan berkurang. Karena pemerintah NTB telah menetapkan Doro Ncanga sebagai pusat pelepasliaran hewan ternak warga. Tentunya juga menjadi atraksi wisata yang menarik bagi para traveler.

Leave a Reply