Ditahan Imbang CSKA 2-2, Arsenal Melangkah Ke Semifinal

Arsenal

Arsenal mendapatkan tempat di babak semifinal Liga Europa. Kelolosan The Gunners dipastikan lewat hasil imbang 2-2 dengan tuan rumah CSKA Moskow.

Hasil imbang tersebut membuat Arsenal lolos dengan agregat 6-3. Pada pertemuan pertama yang digelar di London, mereka menang 4-1.

Bertandang ke VEB Arena, Moskow, Jumat (13/4/2018) dinihari WIB, Arsenal lebih dulu tertinggal 0-2. Gol-gol Fedor Chalov pada menit ke-39 dan Kirill Nababkin pada menit ke-50 sempat menghidupkan harapan CSKA.

Tertinggal dua gol membuat Arsenal dalam bahaya. Jika CSKA bisa mencetak satu gol lagi, sementara mereka tak bisa membalas, maka CSKA yang akan lolos.

Akan tetapi, Arsenal kemudian menipiskan ketertinggalannya lewat gol Danny Welbeck pada menit ke-75. Gol Aaron Ramsey di injury time akhirnya menghindarkan Arsenal dari kekalahan.

Jalannya Pertandingan

Setelah kalah telak di leg pertama, CSKA berusaha untuk mengambil inisiatif serangan. Peluang pertama mereka dapatkan di menit ke-21, tapi tembakan Kristijan Bistrovic dari luar kotak penalti masih meleset.

CSKA baru bisa membuka skor pada menit ke-39 melalui gol Chalov. Chalov menyambar bola muntah setelah sundulan Nababkin ditepis oleh kiper Arsenal, Petr Cech.

Bistrovic berpeluang menambah keunggulan CSKA menjadi 2-0 pada menit ke-43. Dia mengincar pojok atas gawang dengan sebuah tembakan melengkung, tapi percobaannya masih melenceng tipis.

Hingga selesainya babak pertama, keunggulan 1-0 milik CSKA tetap bertahan.

CSKA benar-benar unggul 2-0 saat laga memasuki menit ke-50. Berawal dari tembakan jarak jauh Aleksandr Golovin yang dimentahkan oleh Cech, Nababkin langsung menyambar bola rebound dengan tembakan voli.

Di menit ke-53, CSKA kembali meneror gawang Arsenal. Golovin mengeksekusi sebuah tendangan bebas dan tembakannya tepat sasaran, tapi Cech masih bisa menggagalkannya.

Berselang empat menit, Mohamed Elneny sempat menjebol gawang CSKA lewat sundulannya. Namun, gol ini dianulir karena Elneny berada dalam posisi offside ketika menyambut umpan silang Hector Bellerin.

Kapten Arsenal, Laurent Koscielny, punya peluang emas di menit ke-70. Namun, tembakan volinya dari jarak dekat masih sedikit melambung.

Arsenal baru bisa mencetak gol balasan lima menit kemudian. Welbeck bermain umpan satu-dua dengan Elneny sebelum dengan tenang menaklukkan kiper CSKA, Igor Akinfeev.

Dalam sebuah serangan balik di injury time, Welbeck mendapatkan peluang untuk mencetak gol kedua. Tapi, tembakan kerasnya ditepis oleh Akinfeev.

Tak berselang lama, skor berubah menjadi 2-2. Ramsey yang mendapatkan umpan terobosan dari Elneny langsung berhadapan dengan Akinfeev. Dengan cerdik Ramsey mencungkil bola melewati adangan kiper CSKA itu untuk mencetak gol.

Susunan Pemain

CSKA Moskow: Akinfeev; Aleksey Berezutskiy, Ignasevich, Vasiliy Berezutskiy, Nabakin; Bistrovich (Natcho 71′), Kuchaev, Dzagoev (Vitinho 38′), Golovin; Chalov (Milanov 79′), Musa

Arsenal: Cech, Bellerin, Monreal, Mustafi, Koscielny, Elneny, Wilshere (Chambers 69′), Ramsey, Welbeck, Oezil, Lacazette (Iwobi 76′)

Leave a Reply