Disimpan Puluhan Tahun, 7 Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi

Puluhan Tahun

Beberapa penelitian berhasil mengungkap bahwa ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi meski telah disimpan hingga bertahun-tahun. Uniknya, dari sebagian besar jenis makanan tersebut, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya tidak mengalami perubahan sama sekali. Salah satunya adalah beras yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia.

Penelitian ini secara tidak langsung dapat menjadi acuan bagi setiap negara dalam menghadapi krisis pangan dan bencana alam. Daripada penasaran, berikut 7 jenis makanan yang dapat dikonsumsi meski telah disimpan hingga puluhan tahun lamanya, seperti dilansir dariĀ The Popple, Rabu (5/9/2018).

Garam

Garam bukan hanya sekadar bumbu penyedap rasa saja. Bahan makanan ini dapat menyerap air dan bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Tapi perlu diingat, kualitas garam akan berkurang jika dibiarkan menguap terlalu lama, terutama garam beryodium.

Madu

Madu mengandung senyawa kimia yang membuatnya terhindar dari pertumbuhan bakteri. Inilah sebabnya madu digadang-gadang dapat bertahan selama ribuan tahun. Kualitasnya pun akan terjaga dengan baik jika dikemas dalam wadah kedap udara atau air, sehingga proses pembusukkannya pun relatif lebih rendah.

Cuka putih

Selain digunakan sebagai bumbu pelengkap pada masakan, cuka putih juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Agar tahan lama, bahan makanan ini harus disimpan dalam wadah kedap udara, lalu diletakkan di tempat gelap dan sejuk.

Gula

Sama seperti madu, gula mengandung senyawa yang melindunginya dari pertumbuhan bakteri. Cara terbaik untuk menyimpan gula adalah menggunakan wadah kedap udara agar terhindari dari suhu lembap yang dapat memengaruhi tekstur dan rasanya. Selain itu, Anda juga harus menjauhkan gula dari serangga yang menyukai makanan bercita rasa manis seperti semut dan lebah.

Kacang-kacangan

Banyak penelitian yang menyebutkan, ada beberapa jenis kacang yang dapat bertahan hingga 30 tahun lamanya, asal telah melewati proses pengeringan (dried). Meski tekstur dan rasanya mengalami perubahan, namun makanan ini masih aman untuk dikonsumsi.

Kecap

Kecap memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi, sehingga tidak ada satupun bakteri yang tumbuh di dalamnya. Jika disimpan dengan benar, kecap bisa digunakan lebih dari tiga tahun sejak masa produksinya. Bahkan produk kecap yang berkualitas tinggi dapat bertahan lebih lama.

Beras

Beras putih yang disimpan dengan benar, ternyata juga dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama. Bahkan, sebuah penelitian mengklaim bahwa beras dapat digunakan meski telah disimpan lebih dari 30 tahun. Nah, suhu terbaik untuk menyimpan beras adalah 4,5 derajat celcius atau lebih rendah. Uniknya, meski telah disimpan dalam waktu yang lama, kandungan gizi pada beras tidak akan berubah sama sekali.

Leave a Reply