Diimbangi Espanyol, Iniesta Tak Masalah Karena Barca Masih Di Puncak

Barca

Gelandang Barcelona Andres Iniesta tak menyesali hasil imbang 1-1 dengan Espanyol dalam lanjutan La Liga. Tambahan satu poin tak memengaruhi laju Barca.

Barca hanya berhasil meraih hasil imbang dengan Espanyol dalam pertandingan di Cornella El-Prat, Minggu (4/2/2018). Barca bahkan tertinggal 0-1 lebih dulu setelah gawang Marc-André ter Stegen dibobol oleh Gerard Moreno. Barca membalas lewat Gerrard Pique.

Tambahan satu poin itu membuat Barca tak bergeser dari puncak klasemen. Barca mengantongi 58 poin, terpaut sembilan poin dari Atletico Madrid yang ada di urutan kedua. Real Madrid masih berada di urutan keempat dengan koleksi 39 poin.

Iniesta tak menyesali hasil imbang itu. Dia meminta agar skuat Barca tak menyesali hasil imbang itu.

“Poinnya dibagi rata, namun kami tetap mendapatkan tambahan kok dalam kalkulasi poin kami,” kata Iniesta seperti dikutip Football Espana.

Laga derby itu juga diwarnai sejumlah kontroversi. Termasuk keributan kecil Gerard Pique dengan Gerard Moreno dan selebrasi Pique yang menyindir fans Espanyol.

“Kondisinya memang bukan yang terbaik, namun menjadi sebuah derby yang sangat menghibur. Kami harus membuat situasi menjadi lebih tenang saat ini. Ini sebuah derby dan semuanya sudah harus diakhiri,” ujar dia.

Terdekat, Barca akan menghadapi Valencia dalam semifinal Copa del Rey. Lag aitu dijadwalkan bergulir 9 Februari di Estadio Mestalla.

Barcelona Sudah Berupaya Maksimal

Barcelona cuma membawa satu poin dari lawatan ke Espanyol. The Catalans sudah memberikan perlawanan terbaiknya di laga bertensi tinggi dan direcoki hujan deras itu.

Beberapa insiden terjadi saat Barca melawat ke Espanyol di Cornella-El Prat pada Minggu (4/2/2018) malam WIB tersebut. Laga tersebut tuntas 1-1, di mana Espanyol unggul lebih dulu dan Barca menyamakan kedudukan jelang pertandingan berakhir.

Drama-drama yang terjadi di Derby Catalan itu di antaranya keributan Victor Sanchez dengan Lionel Messi, provokasi Sergio Garcia pada Samuel Umtiti, hingga Gerard Pique yang melakukan selebrasi gol menyindir fans Espanyol.

Dalam pernyataannya usai pertandingan, Iniesta menyebut kalau Barcelona sudah memberika performa terbaiknya.

“Permainan di lapangan benar-benar tidak bisa menolong kami untuk memainkan gaya yang diinginkan,” ujarnya kepada Sport.es.

“Tapi, kami berhasil memberikan perjuangan yang maksimal. Sehingga kami bisa kembali setelah sempat tertinggal 0-1 dan meraih setidaknya satu poin. Bagi saya kami sudah memberikan performa yang cukup baik,” tambah dia.

Soal bahasa tubuh Pique saat merayakan gol, Iniesta menyebut kalau itu merupakan warna-warni pertandingan yang dilupakan setelah laga tuntas..

“Saya tidak tahu apakah dia membuat gestur atau tidak. Tapi, derby selalu diwarnai hal-hal seperti ini. Tapi, semua yang terjadi harus ditinggalkan ketika laga berakhir,” tutup Iniesta.

Barca Main Bola Panjang karena Lapangan Becek

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde bersyukur dengan hasil imbang melawan Espanyol. Ia menyebut kondisi lapangan becek memaksa timnya memainkan bola panjang.

Barca bertandang ke markas Espanyol di Cornella El Prat, Minggu (4/2/2018) malam WIB, dalam laga yang bertajuk derby Catalunya. Blaugrana tertinggal lebih dulu lewat gol Gerard Moreno di menit ke-66.

Dalam situasi tertinggal Baca harus mengubah gaya main. Mereka tak lagi mengandalkan umpan terobosan dan umpan pendek mendatar seperti ciri khasnya dalam mengalirkan bola.

Valverde menginstruksikan timnya untuk lebih sering melakukan umpan lambung. Hal tersebut dikarenakan kondisi sebagian lapangan tergenang air.

Barca pun akhirnya bisa membalas ketertinggalan lewat umpan lambung dari tendangan bebas di menit ke-82. Gerard Pique memaksa laga berakhir imbang 1-1 usai menanduk bola ke jala gawang lawan.

“Kami berjuang dengan baik dan harus mengubah cara bermain karena keadaan. Itu sebabnya kami menghargai hasil imbang, karena semuanya berjalan berlawanan dengan kehendak kami,” kata Valverde seperti dikutip dari situs resmi Barca.

“Kami kira lapangan bakal baik-baik saja, tapi saat turun minum kami melihat itu bisa menjadi berbahaya. Oleh karena itu, kami harus mencoba bola panjang dan bermain lebih strategis, namun pada akhirnya, gol Pique datang,” Valverde menambahkan.

Menurut catatan Whosored.com, di laga ini Barca bikin satu umpan terobosan dan 66 umpan panjang. Catatan umpan terobosan Barca menurun dibanding dengan tiga laga terakhir di La Liga. Sementara itu, jumlah umpan panjang Barca di laga ini meningkat di banding dengan tiga laga di liga sebelumnya.

Leave a Reply